» » » » Belum Ada Sanksi Tegas Bagi Dokter "Nakal"


BENGKULU, SemarakNews.co.id - Banyaknya keluhan masyarakat pengguna jasa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terkait Dokter yang memberi resep obat dengan harga yang mahal, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengakui belum memiliki aturan yang tegas terkait Dokter-Dokter "Nakal" tersebut. Padahal, BPJS bersinergi dengan Dinkes telah mengalokasikan dana milyaran rupiah untuk pengadaan obat.

Kepala Dinkes RL, Agung Gunawan mengatakan, oknum-oknum dokter yang memberikan resep obat mahal merupakan tindakan tidak sesuai dengan sumpah kedokteran. Agung menjelaskan, hingga saat ini pihak yang bisa memberikan sanksi adalah Komite Medic. Sedangkan, pihak Dinkes sendiri hanya bisa memberikan himbauan saja.

"Dinkes telah memberikan Daftar Plafon Harga Obat (DPHO) kepada Dokter, jika obat itu memang tidak ada dan tidak termasuk di dalam pelayanan BPJS. Namun jika masih didapati Dokter memberikan resep obat yang tidak sesuai DPHO, yang lebih berwenang bertindak adalah Komite Medic, yang saat ini sekretariatnya berada di lantai 1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup," jelas Agung.

Ditambahkan Agung, bahwa masyarakat memiliki hak untuk menanyakan DPHO kepada pihak RSUD Curup. Agung juga mengatakan, baiknya pihak RSUD memasang sejenis pengumuman atau pamflet terkait prosedur klaim obat BPJS dan harga, serta daftar obat yang termasuk ke dalam layanan BPJS sendiri.

"Seharusnya, keterangan seperti pelayanan BPJS harus lengkap dan terbuka kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak merasa tertipu dan berpendapat yang negatif terkait pelayanan BPJS, apalagi soal dokter yang memberikan resep obat yang tidak ditangung BPJS dengan harga yang mahal," kata Agung.

Saat SemarakNews.co.id datang ke Sekretariat Komite Medic, yang di ketuai oleh dr. Dedi, ruangan tersebut terlihat kosong dan tak ada satupun dokter ataupun anggota Komite Medic yang berada di tempat. Saat ingin dikonfirmasi melalui telepon gengam, baik telepon maupun sms pun belum ada balasan.

Penulis: Wartawan Bengkulu, Selamet Sugiharto
Editor: -

Foto: Ilustrasi/Net

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply