» » » » Ini Syarat Dapatkan Listrik 900 VA Bersubsidi


BENGKULU, SemarakNews.co.id - Tingginya tarif listrik 1.300 volt ampere (VA) yang banyak dikeluhkan masyarakat, membuat mereka ingin menurunkan daya listrik dari 1.300 VA menjadi 900 VA. Masyarakat berangapan bahwa dengan menurunkan daya menjadi 900 VA akan menurunkan tarif listrik yang saat ini sangat mahal.

Direktur PLN Curup, Rafico membeberkan, untuk mendapatkan daya 900 VA bersubsidi, masyarakat harus memenuhi salah satu syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah. Salah satunya yakni surat keterangan tidak mampu. Rafico menjelaskan sesuai intruksi dari pemerintah pusat untuk permohonan pemasangan daya baru 900 VA pemohon harus melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari pejabat setempat, minimal dari kelurahan. Hal ini dilakukan menyusul ditemukannya pelanggan kaya, tapi  menggunakan daya listrik subsidi.

"Selain mengunakan SKTM, pengajuan juga bisa menggunakan salah satu kartu sakti, yang dikeluarkan oleh presiden Jokowi. Seperti  Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sehingga, dapat digunakan untuk memastikan calon pelanggan listrik yang akan menggunakan tarif bersubsidi," jelas Rafico.

Rafico menambahkan, sesuai dengan arahan dari PT PLN (Persero) pusat, pemasangan listrik dengan daya 900 VA akan diperketat. Ini dilakukan karena listrik dengan daya tersebut masuk dalam kategori subsidi.

"Daya listrik rumahan yang mendapatkan subsidi dari pemerintah itu sendiri adalah 450 VA dengan harga tarif listrik sebesar Rp.415 per kilowatt hours (kWh) dan 900 VA dengan harga tarif listrik sebesar Rp.605 kWh. Harga keekonomian tarif listrik riilnya sebesar Rp1.526 per kWh," jelas Rafico.

Menurutnya, selain menyertakan surat keterangan tidak mampu PLN juga akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan, apakah pelanggan yang mengajukan permohonan pemasangan 900 VA, benar-benar layak menerima subsidi listrik.

Jika hasil survei yang dilakukan oleh pihak PLN menilai rumah tersebut tidak layak mendapat listrik yang disubsidi, maka permohonan pemasangan listrik dengan daya 900 VA akan ditolak oleh pihak PLN Curup.


“Kalau tidak sesuai dengan surat permohonannnya, bisa dipastikan akan ditolak,” katanya.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply