» » » » Wow, Dana Pilkades Rejang Lebong Mencapai Rp 837 Juta


BENGKULU, SemarakNews.co.id - Pada 2016 ini, Kabupaten Rejang Lebong (RL) akan menyelengarakan pemilihan Kepala Desa (Kades) di 64 desa yang tersebar di 13 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada. Dana yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) RL pun cukup fantastis, yakni sebesar Rp. 837.450.000,00 yang bersumber dari APBD anggaran 2016.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Muhammad Rizal menjelaskan, dana tersebut diantaranya akan dipergunakan untuk Honorarium Panitia Pelaksana Kegiatan, Honorarium Pejabat/Panitia, Pengadaan Barang dan Jasa, Honorarium Tim/Panitia, Uang Lembur PNS, Honorarium Pegawai Honorer/Tidak Tetap yang terlibat dalam pilkades, Belanja Alat Tulis Kantor, Belanja Perangko, Materai dan Benda Pos Lainnya, Belanja Bendera/Umbul-Umbul/ Spanduk/Pataka, Belanja Biaya Dokumentasi, Belanja Cetak, Belanja Penggandaan, Belanja Sewa Gedung, Belanja Sewa Kendaraan Roda Empat.

"Selain itu, biaya seperti Belanja Sewa Perlengkapan dan Peralatan Kantor, Belanja Makanan dan Minuman Rapat, Belanja Makanan dan Minuman Hari-Hari Tertentu, Belanja Perjalanan Dinas Dalam Daerah, Belanja Perjalanan Dinas Luar Daerah, Belanja Jasa Narasumber/Tenaga Ahli juga akan didanai dari anggaran sebesar Rp. 837 juta tersebut," jelas Rizal.

Lanjutnya, dana untuk pilkades tersebut masih dalam tahap verifikasi di tingkat pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu. Jika tahap verifikasi telah selesai, maka pelaksaan pilkades segera dipersiapkan.

"Dana Rp. 837 juta tersebut adalah dana untuk penyelengaraan Pilkades bukan untuk yang lain. Jikalau nanti ada kades yang menang dan ingin membuat acara syukuran dan sebagainya, ya bukan dari dana tersebut, itu dana pribadi kades yang terpilih. BPMPD hanya mempersiapkan untuk penyelengaraannya saja," ujar Rizal.

Rizal menambahkan, untuk pengamanan pilkades 2016 ini, BPMPD juga akan dibantu oleh pihak kepolisian RL, ditambah oleh hansip sebanyak 4 orang di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Setiap desa akan ada 1 anggota polisi, dan ada 4 hansip di setiap TPS desa sebagai pengamanan pilkades ini," katanya.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply