» » » » 2016, Dinkes Rejang Lebong Targetkan Akreditasi 3 Puskesmas


BENGKULU, SemarakNews.co.id - Untuk mendukung dan meningkatkan program Bupati Kabupaten Rejang Lebong (RL) di bidang pelayanan kesehatan gratis terhadap masyarakat, secara bertahap pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong telah merencakana program akreditasi seluruh Puskesmas yang ada diwilayah Rejang Lebong. Namun untuk mewujudkan itu perlu waktu dan dukungan semua pihak terkait, agar program ini dapat direalisasikan secara maksimal.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Asli Samin, mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan merealisasikan sebanyak 3 puskesmas untuk diakreditasi. Ketiga puskesmas ini antara lain, Puskesmas Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah, Puskesmas Watas Marga di Kecamatan Curup Selatan dan Puskesmas Curup. 

"Tahun ini, 3 puskesmas saja dulu kita targetkan untuk diakreditasi, karena kita tidak ingin terlalu berambisi, takutnya bisa tidak maksimal hasilnya. Setelah 3 puskesmas ini diakreditasi maka dilanjutkan dengan puskesmas lainnya," ujarnya. 

Dijelaskan Asli, tujuan akreditasi puskesmas ini adalah untuk melaksanakan proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi atau Perwakilan di Provinsi terhadap puskesmas untuk menilai, apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan.


"Yang menilai atau mengakreditasi Puskesmas merupakan komisi yang memang sudah dilatih khusus menjadi penilai, apakah sebuah puskesmas lulus akreditasi atau tidak," paparnya. 

Bila sebuah puskesmas telah terakreditasi maka semua pelayanan yang ada di dalam puskesmas tersebut sudah berstandar dengan mutu yang prima. Seperti tenaga dokter yang telah memadai, fasilitas kesehatan dan ketersediaan obat-obatan terjaga, mampu melayani pasien selama 24 jam dengan tenaga medis dan perawat yang cukup.


"Alasan kita kenapa semua puskesmas mau kita akreditasikan, supaya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal dengan mutu yang baik. Untuk mencapai itu maka kita membutuhkan dukungan dari DPRD nantinya," jelasnya kepada SemarakNews.co.id.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply