» » » » » » Makanan Khas Ramadan Dari Cirebon


JAWA BARAT, SemarakNews.co.id – Ada makanan khas yang sangat terkenal dari Kota Cirebon, Jawa Barat. Nasi Jamblang, merupakan sajian khas Kota Cirebon saat Ramadan. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa belum sah berkunjung ke Kota Cirebon jika belum mencicipi Nasi Jamblang.

Bukan hanya sekedar nasi, banyak juga lauk pauk yang disajikan dengan Nasi Jamblang. Ada salah satu lauk cukup unik yang biasanya turut disajikan, yaitu Dendeng Laos.

Sejarah penamaan Nasi Jamblang khas Kota Cirebon ini berasal dari sebuah desa di Cirebon. Pastinya, dari Desa Jamblang Kota Cirebon.


Tak sesederhana namanya, sejarah Nasi Jamblang bermula pada tahun 1893 saat masa penjajahan Belanda. Saat bulan Ramadan, seorang pengusaha dari Desa Jamblang kal itu selalu memberikan sedekah kepada para pekerja pabrik Belanda berupa nasi yang sangat lezat. Sejak saat itu, Nasi dari Desa Jamblang ini sangat terkenal dan hingga saat ini dikenal dengan Nama Nasi Jamblang.

Nasi Jamblang biasanya disajikan dengan Daun Jati. Daun Jati dipilih sebagai pembungkus nasi karena Daun Jati dianggap kuat, selain itu Daun Jati juga memberikan aroma lebih enak dan mengugah selera para penikmatnya.

Lauk yang menggoda dan aroma yang menggugah selera merupakan cirri khas Nasi Jamblang.


Tertarik mencicipinya? Jangan lupa kalau ke Cirebon, cicipi Nasi Jamblang, khususnya di Bulan Suci Ramadan.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply