» » » » » Aneh!!! Kepala Desa Teladan Tertutup Soal Dana Desa

Kantor Desa Teladan yang dipimpin Yusmidi saat diwawancari terkesan tertutup soal kegiatan Desa
SemarakNews.co.id, BENGKULU - Keuangan Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) harus dilaksanakan secara terbuka kepada masyarakat karena hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang (UU) No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Bahkan saat ini, setiap desa wajib memasang baliho berukuran besar yang wajib dipajang di setiap Kantor Desa atau lokasi yang strategis agar semua masyarakat tahu berapa besar nilai DD dan program apa saja yang dilaksanakan oleh desa.

Namun hal itu tidak dicerminkan Kepala Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Provinsi Bengkulu, Yusmidi, kala ditemui pada Selasa pagi (25/07/2017), sekira pukul 09.00 WIB, Kepala Desa yang baru diangkat Bupati Rejang Lebong terkesan tidak proaktif terhadap informasi seputar pengelolaan keuangan yang ada di Desa Teladan.

Pertama soal dana pengelolaan BUMDes tahun 2017 yang hanya dijawab seadanya dan berdalih bahwa dana Desa belum cair dari Pemerintah. Bahkan, Yusmidi sempat menyebutkan bahwa Pemerintah Desa baru merencanakan alokasi dana BUMDes hanya Rp 15 juta dan dana tersebut belum bisa dikucurkan.
"Kalau peruntukkannya, dana itu akan kami belikan alat prasmanan dengan menerapkan sistem sewa bagi warga. Tapi belum bisa kita wujudkan karena dana Desa belum cair," cetusnya sambil menghisap rokok.
Bahkan Kepala Desa ini kian tertutup dengan awak media saat disinggung soal jumlah Dana Desa yang diterima tahun ini termasuk besaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Rejang Lebong. Justru Kepala Desa ini mengaku bahwa dana tersebut belum cair dari Pemerintah Daerah. Sebab belum cairnya dana tersebut, Ia kembali mengatakan ada keterlambatan program dari Pemerintah Desa Teladan.
"Bukan tapi dari kaminya yang memang lamban melaksanakan proses pencairan sampai dengan saat ini," ketusnya lagi.
Terpisah, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Rejang Lebong, Ir. Imran, saat dimintai tanggapan soal sikap kurang transparannya Kepala Desa Teladan, Yusmidi, kepada awak media mengaku prihatin. Pasalnya sebagai aparatur Pemerintah Desa tidak baik bersikap kurang terbuka terhadap penggunaan dan pengelolaan dana desa. Karena dari pendamping desa sudah mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa untuk selalu bersikap transparan terhadap penggunaan dana tersebut karena masyarakat wajib mengetahuinya.
"Itulah kenapa seluruh Kepala Desa oleh Kementerian Desa diwajibkan membuat baliho atau papan pengumuman terhadap nilai APBDes dan jenis kegiatan yang akan dilakukan. Itu uang negara yang dikelola harus terbuka dan transparan. Untuk itu saya juga heran," ungkapnya saat ditemui di Sekretariat Pendamping Desa Jalan Dwi Tunggal Ujung Curup.
Saat dikonfirmasi dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), dibagian Pemerintahan petugas Dinas tersebut menyebutkan bahwa Desa Teladan telah dicairkan Dana Desa sebesar lebih kurang Rp 400 jutaan dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 27 juta lebih. Lantas pihak Dinas pun mengaku heran dengan sikap kurang terbuka Kepala Desa terhadap awak media yang meliput kegiatan di Desa Teladan.


Sebagai informasi bahwa Ketidakpatuhan seorang Kepala Desa karena sebagian kepala desa merasa dirinya tidak bisa diberhentikan dari jabatannya dengan alasan dipilih langsung oleh rakyat. Padahal berdasarkan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, seorang kepala desa bisa diberhentikan dengan tidak hormat, seperti tercantum dalam pasal 28 ayat (1), Kepala Desa yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat (4) dan Pasal 27 dikenai sanksi administratif berupa teguran lisan dan/atau teguran tertulis.  Ayat (2) Dalam hal sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilaksanakan, dilakukan tindakan pemberhentian sementara dan dapat dilanjutkan dengan pemberhentian.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply