» » » » » Incenerator RSUD Curup Dilidik Tim Polda Bengkulu


SemarakNews.co.id, BENGKULU – Sekira pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu kedatangan Tim Lidik dari Polda Bengkulu.

Pantauan SemarakNews.co.id, ada lima anggota Tim Lidik Polda Bengkulu melakukan pemeriksaan beberapa fasilitas yang ada di RSUD Curup, salah satunya adalah mesin Incenerator. Tidak diketahui secara pasti dari unit apa tim lidik tersebut, karena pihak Polda Bengkulu tidak dapat dikonfirmasi.

Diwawancarai di ruang kerjanya, Direktur RSUD Curup, dr. Asep S.B mengakui bahwa pihaknya didatangi oleh Tim dari Polda Bengkulu, namun ia enggan menyatakan beberapa anggota Polda Bengkulu tersebut sedang melidik beberapa fasilitas RSUD Curup.

“Mereka (Tim Polda Bengkulu) datang kesini memeriksa beberapa perizinan INPAL RSUD Curup. Hal tersebut mereka lakukan secara mendadak dan memang salah satu tugas Tim itu untuk melakukan pemeriksaan,” kata dr. Asep.
Saat ditanyai mengenai hasil pemeriksaan tersebut, dr. Asep menyebutkan ada beberapa perbaikan pada Incenerator yang harus diperbaiki, termasuk pipa-pipa pembuangan yang sudah harus dibenahi segera, agar tidak membahayakan lingkungan dan masyarakat sekitar RSUD Curup.

“Memang pemeriksaan yang mereka lakukan itu adalah salah satu tugas Polda Bengkulu untuk meninjau INPAL Rumah Sakit, karena dampak seperti limbah medis dapat membahayakan masyarakat,” jelas dr. Asep.

Diketahui dari berbagai sumber di RSUD Curup, Incenerator RSUD Curup dalam beberapa tahun belakangan memang kurang pemeliharaan dan terkesan sudah rusak, sehingga fungsi Incenerator tidak berjalan maksimal untuk mengolah limbah medis RSUD Curup, hal ini dapat mengakibatkan dampak lingkungan yang dapat membahayakan masyarakat dan lingkungan Rumah Sakit.

Mengenai anggaran pemeliharaan dan perbaikan Incenerator, Direktur RSUD Curup sedikit enggan membahasnya, ia hanya menyatakan bahwa dirinya kurang mengetahui anggaran tersebut lantaran baru menjabat sebagai Direktur RSUD Curup.

“Kalau ditanyakan soal anggaran sebelumnya untuk pemeliharaan Incenerator, saya belum dapat berikan komentar karena belum mengetahui persis laporannya. Namun, pada tahun ini pihak Rumah Sakit telah menganggarkan untuk perbaikan Incenerator tersebut sekitar Rp 200 juta,” ujar Direktur RSUD Curup, dr. Asep.


Saat melihat kondisi Incenerator RSUD Curup, tampak alat tersebut kurang terawat baik. Di sebelah Incenerator  banyak limbah medis yang tidak hancur sempurna dan diletakkan di dalam bak semen dan terbuka. Jika didekati bak penampung limbah medis tersebut akan tercium aroma kurang sedap yang khas.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply