» » » » » Ini Bahaya Rokok Elektrik “Vape” Bagi Kesehatan


SemarakNews.co.id, JAKARTA – Rokok Elektrik atau Electronic Nicotine Delivery System(ENDS) adalah alat yang digunakan untuk mengubah zat-zat kimia menjadi uap, dan mengalirkannya ke paru-paru. Zat kimia tersebut merupakan campuran zat-zat seperti nikotin, propylene glycol, hingga perasa yang terbuat dari bahan kimia.

Menurut dokter spesialis paru-paru, Agus Dwi Santoso, rokok elektrik sama bahayanya dengan rokok biasa. Ini dapat dianalisa dari kandungannya dan prosesnya menghasilkan uap asap yang dihisap perokok elektrik ini. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan pernyataan bahwa rokok elektrik sangat berbahaya untuk kesehatan.

“Merokok elektrik sama saja dengan tetap merokok biasa. Cairan vape (liquid) yang dipanaskan itu juga menghasilkan zat yang bersifat karsinogen pemicu sel kanker dalam tubuh,” jelas Agus Dwi Santoso.

Selain itu, Agus juga mengatakan mengkonsumsi rokok elektrik dapat merusak kualitas sperma. Hal ini dibuktikan dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University College London. Dalam penelitian tersebut, terungkap bahwa sejumlah bahan kimia beracun dalam zat perasa vape (liquid) ternyata dapat memperlambat kemampuan sperma untuk “berenang” menuju sel telur. Racun tersebut dihasilkan saat zat perasa vape (liquid) dipanaskan.


Tidak hanya itu, bahan kimia beracun tersebut juga berisiko membunuh sel-sel di testis yang membantu produksi sel sperma. Kondisi ini pada akhirnya dapat meningkatkan masalah ketidaksuburan pada pria. Penelitan lainnya menemukan bahaya rokok elektrik bagi kesehatan paru-paru, yaitu meningkatkan risiko penyakit pernapasan, merusak sel-sel di mulut serta meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis.[**]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply