» » » » » Arist Merdeka Sirait: Rejang Lebong Darurat Anak & Krisis Kemanusiaan

Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait
BENGKULU – Selama 3 (tiga) bulan terakhir, di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu telah beberapa kali terjadi kasus pembuangan bayi. Selain kasus pembuangan bayi, bahkan tren kekerasan terhadap anak meningkat di Provinsi Bengkulu. Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa Kabupaten Rejang Lebong Darurat Anak dan Krisis Kemanusiaan.

Diwawancarai wartawan SemarakNews.co.id melalui telepon seluler, Arist Merdeka Sirait mengatakan Kabupaten Rejang Lebong merupakan daerah rawan kekerasan terhadap anak. Ditambahkan Arist, hal seperti ini terjadi karena sikap kemanusiaan yang turut krisis di Rejang Lebong, sehingga ia menghimbau kepada dinas terkait, seperti Dinas Sosial di Kabupaten Rejang Lebong untuk melakukan pergerakan nyata untuk menangani krisis kemanusiaan yang terjadi di Rejang Lebong.
“Kasus Buang bayi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir di Kabupaten Rejang Lebong merupakan wujud dari sikap Kemanusiaan yang sudah krisis. Dinas Sosial jangan diam saja melihat persoalan ini, harus turun dan sigap untuk meminimalisir terjadinya harus serupa agar tak terulang terus menerus,” imbuh Arist.
Arist melanjutkan, tidak mungkin seseorang akan tega membuang bayi jika tidak mengalami krisis kemanusiaan di dalam dirinya. Selain Dinas Sosial, pemangku kepentingan lainnya, terutama Bupati Kabupaten Rejang Lebong memiliki peranan terpenting untuk menangulangi Darurat Anak dan Krisis Kemanusiaan ini.
“Dalam waktu dekat, pihak Komnas Perlindungan Anak akan melakukan konsolidasi kepada Bupati Rejang Lebong terkait hal ini. Diharapkan, pihak pemangku kebijakan dan dinas terkait dapat menangapi serius permasalahan ini dan mampu bekerjasama dengan Komnas Perlindungan Anak untuk mencari solusi bersama,” ujar Arist.

Diakhir wawancara melalui telepon seluler, Arist Merdeka Sirait mengatakan pihaknya memiliki rancangan yang cukup efektif untuk menyelesaikan permasalahan Anak dan Krisis Kemanusiaan di Rejang Lebong yang memberdayakan masyarakat di tingkat kota hingga ke desa-desa.[sgk/red/E01]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply