» » » » » » Kegiatan “Pasar Malam” Usai, Retribusi Belum Disetor Oleh Pihak Pengelola


BENGKULU – Pihak Pengelola “Pasar Malam” di lapangan STADION Air Bang Curup Kabupaten Rejang Lebong yang dimulai pada 20 Agustus hingga 10 September 2017 (20 hari) hingga saat ini belum juga membayarkan retribusi penggunaan sarana olahraga tersebut kepada pihak Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Rejang Lebong. Padahal, kegiatan “Pasar Malam” tersebut telah usai dan seluruh pedagang telah membongkar tenda dan wahana permainan pada Senin pagi, 11 September 2017.

Diwawancarai di ruang kerjanya, Kepala Disparpora Rejang Lebong, Henny Kurniati melalui Kepala Bidang (Kabid) Kemitraan dan Lembaga, Taslim mengatakan pihaknya hingga Selasa, 12 September 2017 belum juga ada koordinasi oleh pihak pengelola “Pasar Malam” untuk menyelesaikan kewajibannya, yakni Retribusi penggunaan STADION Air Bang Curup selama 20 hari tersebut.

“Hingga saat ini, pihak pengelola “Pasar Malam” belum menemui kami terkait retribusi penggunaan STADION Air Bang Curup terkait pembayarannya. Namun informasi sementara ini, pihak pengelola “Pasar Malam” telah melayangkan surat kepada Bupati Rejang Lebong untuk diberikan keringanan pembayaran retribusi itu yang saat ini sedang ditelaah oleh pihak Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong,” jelas Taslim.

Ditanyai terkait tindak lanjut kepada pihak pengelola “Pasar Malam” yang belum juga membayarkan biaya retribusi sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 30 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, Taslim menggatakan masih menunggu hasil telaah dari pihak BPKD Rejang Lebong.
“Saat ini kami masih menunggu hasil telaah terkait permohonan keringanan pembayaran retribusi oleh pihak pengelola “Pasar Malam”, jika kami mengambil langkah sekarang, kita takut salah, siapa tau pak Bupati memberikan kebijakan keringanan kepada pihak pengelola “Pasar Malam” itu,” imbuh Taslim.
Sesuai dengan Perda Nomor 30 tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, dijelaskan tarif retribusi yang telah diatur adalah sebesar Rp 1 Juta per hari untuk kegiatan umum dan Rp 500 ribu per hari untuk kegiatan sosial. Sedangkan, dari penjelasan Taslim, dari surat permohonan pembayaran retribusi oleh pihak pengelola “Pasar Malam” hanya mampu membayarkan retribusi sebesar Rp 1 Juta selama kegiatan berlangsung.
“Karena bertentangan dengan aturan yang ada, makanya kami tidak dapat menerima pembayaran retribusi yang hanya Rp 1 Juta tersebut selama kegiatan berlangsung, kami takut menyalahi aturan, sehingga surat permohonan itu kami minta ditelaah oleh pihak BPKD Rejang Lebong dan disampaikan kepada Bupati Rejang Lebong untuk diberikan kebijakan keringanan retribusi itu,” kata Taslim.
Terpisah, Kabid Penagihan dan Pendapatan BPKD Rejang Lebong, Hari Mulyawan menjelaskan surat permohonan keringanan pembayaran retribusi oleh pihak pengelola “Pasar Malam” telah ia telaah dan telah disampaikan kepada Bupati Rejang Lebong sekitar sepekan yang lalu. Namun, hingga saat ini, hasil telaah yang disampaikan kepada Bupati Rejang Lebong belum dikembalikan terkait kebijakan berdasarkan hasil telaah tersebut.
“Hasil telaah yang kita sampaikan kepada Bupati sudah berdasarkan Perda Nomor 30 Tahun 2011. Saat ini kami masih menunggu hasil kebijakan pak Bupati, apakah menyetujui hasil telaah kami itu atau mungkin ada perubahan lagi. Secepatnya, kami akan menanyakan surat hasil telaah terkait kegiatan “Pasar Malam” yang mengunakan sarana olahraga di STADION Air Bang Curup,” jelasnya.
Pantauan Wartawan SemarakNews.co.id, pada Selasa pagi (12 September 2017) kondisi di tengah-tengah lapangan STADION Air Bang Curup sudah kosong dari tenda-tenda Bazar dan Wahana Permainan. Seluruh pedagang dan pengelola “Pasar Malam” telah meninggalkan lokasi. Sayangnya, kondisi lapangan tampak sampah dan gelas plastik bekas air minum kemasan berserakan di tengah lapangan.[sgk/red/E01]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply