» » » » » » Ketua Umum SMSI Pusat: Ada Sekitar 43.000 Media Online Di Indonesia, Hanya Segelintir Yang Profesional

Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Teguh Santosa
BENGKULU – Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Teguh Santosa menyatakan hanya segelintir dari sekitar 43.000 Media Online bahkan terus bertambah setiap harinya (Data Dewan Pers) di Indonesia yang dinilai Profesional dan menjalankan medianya secara legal dan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Lanjut Teguh, dengan media siber/online sebanyak itu dan terus berkembang, Dewan Pers pun cukup kewalahan untuk melakukan pendataan dan memverifikasi seluruh media, baik cetak, elektronik, radio dan media online. Ditambah lagi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Dewan Pers yang belum memadai dan infrastruktur yang juga mempersulit pihak Dewan Pers untuk melaksanakan tugasnya.

Dengan dilema tersebut, terkhusus bagi media berbasis siber yang berkembang sangat cepat setiap harinya, lahirlah SMSI yang digagas oleh Teguh Santosa, Firdaus (Sekretaris General SMSI Pusat), serta tokoh Pers lainnya. Dengan telah terbentuknya SMSI di seluruh Provinsi di Indonesia, diharapkan pihak Dewan Pers dapat bersinergi dengan SMSI untuk melakukan pendataan dan verifikasi seluruh Media Online Profesional dan Legal di seluruh Indonesia.
“Untuk syarat minimal sebuah Media Siber/Online melakukan kegiatan Pers diantaranya, memiliki Badan Hukum khusus Pers, ada penangung jawab redaksi, Kantor, serta bersedia mematuhi Kode Etik Jurnalistik menurut UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers,” imbuh Teguh dalam kata sambutan pasca melantik 21 orang/Media Online Pengurus SMSI Provinsi Bengkulu.
Selain syarat di atas, Teguh menyatakan untuk lolos pada verifikasi factual, Media Siber/Online wajib memiliki 21 item yang telah ditetapkan SMSI Pusat dan Dewan Pers.
“Untuk dinyatakan terverifikasi administrasi dan faktual Media Online wajib memiliki 21 item yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers dan SMSI,” demikian Teguh Santosa, Ketua Umum SMSI Pusat.[sgk/red/E01]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply