» » » » » UNBK Lebih Baik dan Praktis Dibanding UNKP



BENGKULU – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dinilai lebih hemat dan praktis dibandingkan dengan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Hal ini dikarenakan UNBK dianggap hemat dari segi angran karena tidak menggunakan kertas dan alat-alat tulis model lama. Sedangkan UNKP memerlukan waktu yang sedikit lama dalam pengerjaan pengolahan soal ujian.

Berbeda dengan UNBK yang tidak memerlukan waktu yang lama dalam pengolahan soal karena bersifat data. Pelajar juga mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan UNBK karena tidak harus membaca bacaan yang kecil-kecil dan juga repot menulis dalam mengerjakannya.


Dipaparkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Tarsisius Samuji saat acara Bimtek UNBK Tingkat SMP di Hotel Villa Hijau Kecamatan Selupu Rejang, UNBK memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena tidak bisa dibaca secara langsung dan harus diunduh ke Komputer. Maka dari itu, tingkat kebocoran soal sangat kecil kemungkinan terjadi. Pada tahun ini terdapat lebih kurang 1800 siswa SMP dan MTS yang mengikuti UNBK, sedangkan yang belum melaksanakan UNBK pada tahun ini sekitar 3000 siswa.


Disdikbud Kabupaten Rejang Lebong menyelenggarakan Sosialisasi Bimbingan Teknologi (BIMTEK) di Vila Hijau Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu yang dibuka oleh T. Samuji selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam acara ini, Kepala Bidang Pendidikan SMP, Hanafi menyampaikan tahun ini sebanyak 9 SMP dari 53 SMP yang telah siap melaksanakan UNBK dikarenakan masih terbatasnya fasilitas untuk melaksanakan UNBK. Dalam hal ini sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK, akan melaksanakan tiga kali sesi ujian untuk mengurangi tingkat kesalahan dalam melakukan UNBK yang akan dimulai pada 09-04-2018.


“Pada tahun ini ijazah SMP  terbuat dari kertas biasa,” ujar Hanafi selaku Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong.[ADV]

Tentang RealitaBengkulu.co.id

RealitaBengkulu.co.id merupakan salah satu portal Media Massa Berbasis Siber (Online) yang siap menyajikan Berita yang Aktual, Akurat dan Mampu Dipertanggungjawabkan dengan harapan berita yang disajikan RealitaBengkulu.co.id bisa menjadi referensi dan pelengkap informasi Anda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply