Perguruan Tinggi

Generasi Mileneal Merawat Perdamaian


REALITABENGKULU.CO.ID- Rejang Lebong. Pemuda sebagai generasi penerus masa depan, calon pemimpin di masa yang akan datang, harus menjadi garda terdepan merawat perdamaian.

Sebab, menurut Ketua Umum Muda Berkarya, Endang Syaputra, perdamaian bukan hanya ketika ada perang saja, tetapi juga manusia harus mampu berdamai dengan dirinya sendiri dan juga berdamai dengan ide serta gagasan orang lain.

Apalagi akhir-akhir ini, banyak sekali ujaran kebencian, fitnah dan berita-berita hoaxs di media sosial. Di mana hal tersebut bisa menjadi potensi terjadinya konflik. Oleh karena itu, sebagai generasi milineal sudah seharusnya menjadi garda terdepan merawat perdamaian.

Sebab itulah, dalam rangka HUT Muda Berkarya ke 6 ini, Muda Berkarya yang didukung oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan juga IAIN Curup memberikan ruang kepada para pemuda untuk berdialog tentang merawat perdamaian. Apalagi Narasumber yang dihadirkan merupakan seorang dosen psikologi dari UAD Yogyakarta, Dr. Hadi Suyono S.Psi M.Si dan juga seorang penulis buku Merawat Perdamaian. Selain itu, hadir Narasumber dari Pasiter Kodim 0409/RL Kapten.Ind Yudho Hartono mewakili Dandim RL dan juga Ketua Umum Muda Berkarya Endang Syaputra pemenang Pemuda Pelopor tingkat nasional.

Kegiatan Youth Talk Generasi Mileneal Merawat Perdamaian ini dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Rejang Lebong, Asli Samin M.Kes mewakili Bupati.

Narasumber Hadi Suyono mengatakan, untuk menciptakan perdamaian, harus tercipta harmonisasi. Harmonisasi itu bisa terwujud jika individu memiliki pribadi multi kultural.

Kemudian, individu harus memiliki pribadi yang unik. Tetapi kita harus punya konsep diri sosial, bahwa kita hidup tidak sendirian. Kita harus bisa hidup bersama orang lain. Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan orang lain.

"Agar bisa memiliki konsep sosial, kita harus punya jiwa menolong orang lain. Tanpa pamrih. Kemudian empati, merasakan apa yg dirasakan oleh orang lain. Jika punya empati, maka pemakluman kepada orang lain menjadi tinggi," pungkas Hadi Suyono.

Penulis: Iman Kurniawan (Release)
Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.