Pemilu 2019

Pemilu 2019, Rejang Lebong Gunakan Kotak Suara Kardus


REALITABENGKULU.CO.ID - Rejang Lebong. Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapat banyak kritikan dan pertanyaan terkait penggunaan Kotak Suara berbahan Kardus. Viral di beberapa media sosial, beragam komen warganet menghujani pihak KPU, ada yang menghujat dan tidak sedikit juga yang mendukung penggunaan kotak suara berbahan Kardus yang akan digunakan pihak KPU pada Pemilu 2019. Tak terkecuali di Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu, pada Pemilu 2019, sebanyak 806 Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan menggunakan Kotak Suara Kardus.

Diwawancarai Jurnalis RealitaBengkulu.co.id pada Rabu (19/12/2018), Ketua KPU Rejang Lebong Restu Wibowo melalui Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ujang Maman menanggapi terkait viralnya tanggapan masyarakat Kotak Suara “Kardus”. Dijelaskan Ujang, bahan Kotak Suara yang digunakan pada Pemilu 2019 bukanlah Kardus seperti yang beredar di masyarakat.

Bahan Kotak Suara Pemilu 2019 tersebut berbahan Karton. Karton yang digunakan berjenis Karton Double Wall dengan ketebalan karton minimal 6 Milimeter, tahan air dan tidak mudah rusak karena memiliki spesifikasi: Sisi Luar berbahan Duplex Coated minimal 250 gram/m2, Sisi Tengah Glombang berbahan Medium Minimal 150 gram/m2 dan sisi dalam berbahan Kraft minimal 200 gram/m2.
“Kotak Suara tetap berbentuk Kotak dengan ukuran panjang 40 cm, lebar 40 cm dan tinggi 60 cm. Berjendela berbahan dari plastik polyvinyl chloride (PVC) berwarna bening/transparan pada salah satu sisi /bagian depan, dengan ketebalan minimal 3 milimeter,” tambah Ujang Maman. 

Ditambahkan Ujang, Kotak Suara berjenis Karton ini adalah kotak suara sekali pakai. Artinya, setelah perhelatan Pemilu 2019, Kotak Suara tidak dapat digunakan lagi untuk Pemilu selanjutnya. Tidak seperti Kotak Suara berbahan kaleng yang bisa digunakan berkali-kali. Walaupun hanya sekali pakai, dari sisi anggaran, menurut pihak KPU, penggunaan Kotak Suara berbahan Karton ini jauh lebih hemat dan efisien dibandingkan Kotak Suara Kaleng.
Kotak Suara Pemilu 2019 Berbahan Karton KPU Kab. Rejang Lebong disimpan di gudang penyimpanan sementara  
“Penggunaan Kotak Suara Karton ini diperkirakan dapat menghemat anggaran pemerintah hingga 50 persen lebih yang dapat dinilai dari penggunaan bahan, biaya distribusi, anggaran penyimpanan dan pengamanan kotak suara. Sedangkan Kotak suara berbahan kaleng walaupun dapat digunakan berkali-kali, faktanya setelah penggunaan sangat banyak kotak suara yang rusak dan harus diganti, hal ini malah tidak efisien di sisi anggaran pemerintah, belum lagi untuk penyimpanan kotak suara setelah dipakai, pihak KPU harus mengeluarkan biaya lebih untuk pemeliharaan dan gudang penyimpanan,” jelas Ujang. 


Jurnalis: Selamet Sugiharto
Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.