MIN 1 Rejang Lebong

MIN 1 Rejang Lebong Terapkan ARD


REALITA BENGKULU – Rejang Lebong. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong yang beralamat di Kelurahan Dusun Curup segera menerapkan Aplikasi Rapot Digital (ARD).

ARD Madrasah merupakan salah satu implementasi terbaru tata kelola penilaian belajar pada Madrasah sesuai dengan SK Dirjen Pendis nomor 5161 Tahun 2018.

Didampingi oleh Kepala MIN 1 Rejang Lebong, Desi Weliyana S.Pd.I selaku operator madrasah menjelaskan, ARD adalah aplikasi penilaian hasil belajar siswa berbasis online yang dibuat oleh Kementrian Agama (Kemenag) RI. Sesuai denga SK Dirjen di atas, madrasah diwajibkan menggunakan ARD guna mempermudah guru-guru untuk menginput nilai siswa.

"Tidak seperti dulu, guru harus menginput nilai para siswa dengan cara menulis berulang ulang kali, dengan adanya ARD nilai para siswa sudah tersimpan di sistem sendiri," ungkap Desi.

Dari segi kekurangan, belum bisa dijelaskan Desi secara detail karena masih tahap uji coba.

"Sebenarnya ARD mulai diterapkan dari semester ganjil 2018/2019 kemarin, karena pengaplikasian ARD mendekati dengan pembagian raport siswa, maka pihak kami memutuskan pengaplikasiannya di semester genap ini," jelas Desi.

Selain mmpermudah para guru, ARD juga menambah wawasan para guru di bidang IT.

Penulis: Fahklul Barry (Mahasiwa Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.