IAIN Curup

Pojok Baca Rejang Corner Perpustakaan IAIN Curup

Kepala Perpustakaan IAIN Curup, Jurianto, S.Pd.I., M.Hum
REALITA BENGKULU – Rejang Lebong. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup menyediakan Pojok Baca Rejang Corner yang berfungsi sebagai salah satu pusat sarana pelestarian budaya Rejang. Di Pojok Baca Rejang Corner ini disediakan banyak informasi terkait suku Rejang.

Kepala Perpustakaan IAIN Curup, Jurianto mengatakan, perpustakaan memiliki 5 fungsi utama, salah satunya fungsi Pelestarian.

“Menurut riset yang dilakukan oleh peneliti asal Amerika beberapa waktu yang lalu, penutur Bahasa Daerah Rejang di 3 daerah terbanyak seperti di Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang ternyata menurun, angkanya cukup banyak, rata-rata mencapai 5000 orang penurunannya per tahun. Jika dibiarkan maka bisa jadi Bahasa Rejang akan hilang. Dengan adanya Pojok Baca Rejang Corner, diharapkan bisa membantu pelestarian bahasa dan kebudayaan Rejang,” ujar Jurianto.
Pojok Baca Rejang Corner Perpustakaan IAIN Curup
Pojok Baca Rejang Corner dilengkapi dengan buku, serta informasi seputar Rejang, secara perlahan semua informasi seputar rejang akan dikumpulkan dan akan diletakan di Pojok Baca Rejang Corner, sehingga Pojok Baca Rejang Corner nantinya bermanfaat untuk orang banyak, dan mempermudah mahasiswa serta peneliti luar daerah yang berminat ingin meneliti kebudayaan, bahasa serta informasi yang berkaitan dengan Rejang. 

“IAIN Curup telah memiliki tim khusus peneliti dan pengumpul informasi kebudayaan Rejang. Hingga saat ini, telah banyak yang kami dapatkan. Penilaian saya, sudah sebagian besar informasi terkait kebudayaan Rejang telah terhimpun di perpustakaan IAIN Curup,“ jelas Jurianto.

Jurianto pun berharap, adanya dukungan dari masyarakat yang turut memperhatikan dan memelihara kebudayaan Rejang. Pihaknya juga siap menerima sumbangsih dari masyarakat Rejang untuk turut bekontribusi menambah koleksi informasi dan menghimpun bersama tentang kebudayaan Rejang.

“Jika ada masyarakat Rejang ingin berkontribusi untuk melengkapi koleksi informasi yang kami himpun di Pojok Baca Rejang Lebong, kami dengan senang hati akan menerima dalam bentuk apapun. Bisa dalam bentuk karya tulis, buku, jurnal, ataupun dalam bentuk lainnya,” harap Jurianto.

Penulis: Dora Maryanti (Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.