IAIN Curup

Banyak Program Beasiswa Kuliah Di IAIN Curup

Wakil Rektor III Bidang Kelembagaan, Kerjasama, dan Kemahasiswaan IAIN Curup, Dr. Kusen, M.Pd/Foto: Hendro Septada
Realita Bengkulu – REJANG LEBONG. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu pada 2019 akan menyiapkan beberapa program andalan untuk ditawarkan kepada calon mahasiswa baru. Salah satunya, program prioritas beasiswa. Program ini sudah mulai dilaksanakan dan dalam tahap kerjasama antara pihak kampus dan pihak-pihak terkait program tersebut.

Rektor IAIN Curup, Dr. Rahmad Hidayat melalui Wakil Rektor III Bidang Kelembagaan, Mahasiswa, dan Kerjasama Dr. Kusen mengatakan, pada 2019 ini khusus di bidang kemahasiswaan telah dijalankan beberapa program prioritas. Salah satunya program beasiswa yang kuotanya akan bertambah. Menurut Kusen, selain dapat membantu peningkatan mutu mahasiswa IAIN Curup, beasiswa juga dapat menjadi magnet tersendiri untuk mengaet calon-calon mahasiswa yang akan kuliah di IAIN Curup.

“Untuk program utama adalah beasiswa, mengingat mahasiswa kita mayoritas berasal dari luar, maka kami akan melakukan kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Daerah (Pemda) tempat asal mahasiswa yang kuliah di IAIN Curup selain beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Program Khusus dan masih banyak lagi lainnya,” jelas Kusen.

Dijelaskan Kusen, dari beberapa kabupaten dan kota yang telah ditemui terkait program tersebut, sudah ada beberapa kabupaten yang merespon baik perencanaan yang telah dirancang. Bahkan, sudah ada yang telah siap menandatangani MoU terkait program tersebut.

“Beasiswa ini nantinya akan diterima oleh mahasiswa dari masing-masing daerah, dan beasiswa ini biayanya lebih besar dari beasiswa bidikmisi, dengan demikian beasiswa ini sangat membantu mahasiswa IAIN Curup, semoga kerjasama ini berjalan sesuai dengan harapan sehingga itu akan membantu mahasiswa IAIN Curup dalam biaya pendidikannya,“ harap Kusen.

Selain program beasiswa tersebut, untuk menciptakan mahasiswa yang berkarakter dan berkualitas, Kusen menambahkan, ada dua program khusus lainnya untuk mahasiswa. Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Kumenterian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kepmenkumham) Kanwil Bengkulu. Kusen mengatakan, program ini juga tidak kalah prioritas dari program yang lainnya karena ada dua program yang sangat penting untuk peningkatan kapasistas dan wawasan mahasiswa IAIN Curup.

“Pertama pemberdayaan mahasiswa sadar hukum, dan yang kedua membangun karakter mahasiswa. Dari kedua program tersebut, itu sangat berpengaruh bagi perkembangan mahasiswa, dan juga akan membentuk karakter mahasiswa,” ungkap Kusen.

Penulis: Dora Maryanti (Mahasiswi Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.