Kabar Desa

2019, BUMDes Dusun Sawah Prioritaskan SAPRODI

Kantor Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara, Rejang Lebong/Foto: Fahklul Barry
REALITA BENGKULU – Rejang Lebong. Setelah mengelolah Alat Sewa Tenda pada 2018 lalu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu akan memprioritaskan pengadaan Sarana Produksi (SAPRODI) berupa alat-alat pertanian, pupuk dan benih pada tahun ini.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala Desa Dusun Sawah melalui Hesti Bralianti selaku Bendahara Desa. Hesti menjelaskan, dikarenakan pencairan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat diterima dalam dua tahap, tahap pertama 75 persen yang telah diterima, sedangkan yang tahap kedua 25 persen belum diterima, maka pengadaan Saprodi akan dilaksanakan setelah DD diterima 100 persen.

“Jadi untuk kegiatan BUMDes Dusun Sawah tahun ini kami sudah merencanakan program Saprodi. Apabila dana yang kedua atau seutuhnya sudah diterima maka program tersebut segera dijalankan,” ujar Hesti.

Adapun tercetusnya program Saprodi ini adalah melihat kondisi mayoritas pekerjaan masyarakat Dusun Sawah adalah petani, sehingga Saprodi ini nantinya dapat membantu dan meminjamkan bantuan untuk warga dusun berupa pupuk, racun, dan peralatan produksi lainnya.

"Harapan kami, selagi menyediakan apa yang dibutuhkan warga sebagai petani, semoga kedepannya lagi dapat mensejahterakan masyrakat," harap Hesti.

Sebelumnya BUMDes Dusun Sawah pada 2017 silam mengadakan kegiatan simpan pinjam berupa uang untuk modal usaha, tapi karena terkendala beberapa masalah, maka kegiatan tersebut tidak dilanjutkan lagi.

Penulis: Fahklul Barry (Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adan dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.