Gentala Arasy Memancarkan Suara Jambi


Realita Bengkulu – JAMBI. Menara Gentala Arasy artinya menara yang memancarkan suara (gentala) dari ketinggian. Gentala Arasy sendiri memiliki beberapa keunikan yang membuat pengunjung penasaran untuk mengetahui sejarahnya.

Sejarah lengkap Menara Gentala Arasy

Menara Gentala Arasy merupakan museum budaya dengan corak arsitektur Arab yang bisa ditemukan di tepi Sungai Batanghari, Jambi. Selain museum dan ruang terbuka publik, bagian belakang museum ini terhubung dengan daerah seberang sungai, dengan adanya jembatan pendestrian selebar 4,5 meter dan panjang 503 meter. Di puncak menara museum ini, terdapat jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan. Gentala arasy adalah singkatan dari Gena Tanah Lahir Abdurahman Sayoeti. Genah itu artinya Tempah, lokasinya itu menyemberangi sungai batang hari, dari tangga raja Kota Jambi ke seberang kota Jambi. Ini merupakan sebagai persembahan kehormatan untuk Gubernur Jambi Pertama.
Menara Gentala Arasy merupakan wisata yang sangat populer dan sangat menarik di Kota Jambi, selain tempatnya yang strategis, Menara Gentala Arasy juga mempunyai sejarah yang sangat menarik untuk kita pelajari, karena sejarah tersebut menjadi salah satu wawasan untuk kita mengetahui sesuatu yang telah berlalu, untuk mengetahui informasi mengenai Menara Gentala Arasy. Wisata Menara Gentala Arasy memiliki beberapa bangunan istimewa yang membuat Kota Jambi semakin terkenal dengan keindahan wisata tersebut. 

Pesona wisata Menara Gentala Arasy yang megah dan mengagumkan membuat Kota Jambi semakin terkenal dengan wisata-wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi orang yang senang refreshing dan pencinta sejarah. Hal itu membuat penduduk Kota Jambi berinisiatif untuk mencari rezeki dengan memanfaatkan wisata tersebut. Berbagai macam hidangan khas Jambi disediakan sekitar wisata tersebut, mulai dari makanan, minuman, pakaian, serta pernak-pernik telah disediakan yang tentunya barang atau alat-alat yang bernilai dan unik tersedia di wisata Menara Gentala Arasy.
Bangunan sebagai pelengkap dan sebagai penghubung serta penghias Menara Gentala Arasy kota Jambi ialah Jembatan Pedestarian, jembatan pedestarian merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Batanghari. Jembatan ini memiliki bentuk berkelok-kelok seperti huruf S dengan panjang keseluruhan sekitar 530 meter. Jembatan ini sengaja dibangun sebagai tempat wisata untuk para pejalan kaki, sedangkan kendaraan bermotor tidak diizinkan melewati jembatan ini demi kepuasan para pejalan kaki. Meskipun keberadaan jembatan ini masih terbilang baru, namun sudah banyak yang mengetahui kehadirannya khususnya penduduk dan para pengunjung yang setia untuk mengunjungi wisata tersebut. 

Tak heran jika Menara Gentala Arasy selalu ramai dikunjungi penduduk, tidak hanya penduduk yang ada di Kota Jambi, penduduk di luar Kota Jambi juga banyak yang mengunjungi Menara Gentala Arasy tersebut. Keindahan dan keunikan Menara Gentala Arasy mampu menarik hati pengunjung untuk menjelajahi Menara Gentala Arasy dari awal sampai akhir, pengunjung merasa nyaman, tenang dan terpesona dengan keindahan Menara Gentala Arasy, seakan-akan tak ingin meninggalkan tempat yang sangat menawan itu. Banyak juga pengunjung yang mendengarkan sejarah Menara Gentala Arasy.

Jika malam tiba pemandangan Menara Gentala Arasy semakin menarik dan mempesona, karena meseum dan Jembatan Pedestarian Menara Gentala Arasy disinari Cahaya lampu warna-warni, hal itu membuat pengunjung semakin terpesona dan betah berlama-lama berada di sana, suasana seperti itulah yang membuat pengunjung semakin tertarik dengan keunikan dan pesona indah yang dipancarkan wisata Menara Gentala Arasy, khususnya untuk para remaja yang lagi menikmati obrolan dengan teman maupun teman dekat, itu membuat mereka semakin betah berada di wisata Menara Gentala Arasy.

Wisata Menara Gentala Arasy menjadi ikon Kota Jambi karena bangunannya yang indah serta manfaat dan ilmu pengetahuannya membuat pengunjung tertarik akan hal itu, bagi anda yang ingin menikmati keindahan wisata Menara Gentala Arasy berkunjunglah ke Kota Jambi, disini anda dapat menikmati wisata yang menjadi kebanggaan tersendiri dari kota Jambi.

Penulis: Dora Maryanti (Mahasiswi Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.