IAIN Curup

Heking Mampu Pererat Tali Persaudaraan


Realita Bengkulu - REJANG LEBONG. Ma’had Al-Jami’ah Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu memiliki beberapa program khusus salah satunya ialah kegiatan heking, kegiatan heking menjadi kegiatan terjadwal di asrama dan menjadi syarat wajib untuk penerimaan mahasantri baru, melalui kegiatan ini mahasantri bisa berinteraksi dengan teman barunya dan mempererat tali persaudaraan antar mahasantri, sehingga menciptakan ukhuwah Islamiyah mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup.

Heking merupakan salah satu Program yang teragenda di dalam Ta’aruf Mahasantri baru Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup, heking merupakan kegiatan yang paling seru dan menyenangkan, dalam agenda ta’aruf yang disediakan, berbagai macam Game, Materi, uji mental dan perkenalan Mahasantri, pada pelaksanaan heking terdapat beberapa gugus dan beberapa post. Dimana disetiap post-post panitia menyiapkan materi atau permainan yang telah disiapkan. Dan disetiap gugus-gugus dimana mahasantri yang baru bekerjasama dengan teman-temannya untuk melewati tantangan yang telah disediakan di setiap post-post.

Kusuma Dewi mahasantri semester akhir mengatakan, selaku panitia heking, ia berharap bisa menumbuhkan rasa sosial, rasa keluargaan, rasa memiliki, serta rasa kebersamaan di dalam hati Mahasantri baru maupun Mahasantri lama.

“Semoga heking pada 2019 ini lebih meriah dan lebih baik dari pada tahun sebelumnya dan semoga mahasantri bisa berkontribusi dalam pelaksanaan heking yang akan datang sehingga akan menimbulkan efek yang sangat baik terhadap pencitraan asrama kita tercinta ini,” ujar Dewi.

Dewi merasa senang dan bersyukur menjadi Mahasantri Ma’had Al–Jami’ah IAIN Curup. Karena banyak pembelajaran di asrama ini, meskipun awal masuk asrama sempat malas karena banyak peraturan tapi setelah memasuki minggu ke 2 akhirnya terbiasa dengan peraturan yang ada di asrama, dan kegiatan heking sangat mengesankan. Dewi menambahkan, dirinya mendapat pelajaran yang sangat berharga, diajarkan untuk memiliki rasa kebersamaan, rasa sosial serta rasa kekeluargaan. Yang paling menarik ialah diajarkan untuk menghadapi tantangan.

Heking bertujuan untuk menumbuhkan keakraban Mahasantri lama dan Mahasantri baru, serta mengajarkan kreativitas, kekompakan dan rasa kebersamaan Mahasantri. Membentuk karakter mahasantri Ma’had Al-Jami’ah supaya menjadi Mahasantri yang berakhlakul qarimah.

Penulis: Dora Maryanti (Mahasiswi Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

About RealitaBengkulu.co.id

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.