Mahasantri Tingkatkan Potensi Melalui Kegiatan Muhadarah


Realita Bengkulu - REJANG LEBONG. Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu merupakan wadah untuk mahasantri menempah ilmu pengetahuan khususnya di bidang keagamaan, untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, Ma’had Al-Jami’ah memiliki beberapa program yang dikhususkan untuk mahasantri, salah satu program Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup ialah kegiatan Muhadarah, kegiatan ini sudah menjadi ciri khas tersendiri untuk Ma’had Al-Jami’ah.

Kegiatan Muhadarah sudah menjadi rutinitas mingguan di Ma’had ini, setiap minggu malam senin kegiatan tersebut diselenggarakan. Berbagai macam kreasi dari mahasantri yang tampil pada malam itu, mulai dari pidato tiga bahasa, yakni Inggris, Arab dan Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian kreasi seni seperti, puisi, tarian, nasyid drama dan rebana. penampilan penampilan tersebut untuk melatih mental mahasantri tampil di depan umum, dan meningkatkan potensi mahasantri yang mempunyai potensi di bidang keagamaan.

Titik Handayani selaku Ustazah Asrama Putri mengatakan, Muhadarah ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk membangun potensi mahasantri.

“Harapan saya untuk seluruh mahasantri memanfaatkan kesempatan ini untuk berlatih sungguh-sungguh pada kegiatan Muhadarah ini, ikutilah kegiatan asrama dengan sebaik-baik mungkin, bangun dan tingkatkan potensi kalian, disinilah kalian melatih mental, fisik untuk berani tampil dihadapan umum, sehingga ketika nantinya kalian sudah berada ditengah-tengah masyarakat, kalian telah ada ilmu dan pengalaman untuk mengayomi masyarakat khususnya dibidang keagamaan,” ujar Titik.

Salah seorang mahasantri, Sisi Arisma mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasikan kegiatan Muhadarah, karena dengan adanya kegiatan ini setiap mahasantri punya kesempatan untuk melatih mental kami saat kami tampil didepan umum, tentunya kegiatan ini sangat berguna bagi mahasantri, ada banyak ilmu pengetahuan yang dapat diambil dan diterapkan dari Muhadarah.

“Dari pengalaman muhadarah alhamdulillah mental saya mulai berani untuk tampil lagi, rasanya saya ingin tampil setiap malam Muhadarah, tapi sayang satu tahun hanya sekali mendapat giliran menjadi petugas pada kegiatan Muhadarah,” Ujar Sisi.

Tujuan dari Muhadarah ini untuk membangun potensi Mahasantri, dan menciptakan mahasantri yang berkualitas, inovatif, kreatif dan beraklakul karimah, sehingga melahirkan mahasantri-mahasantri yang berilmu, baik ilmu umum maupun ilmu religius, sesuai dengan kampus IAIN Curup sehingga visi dan misi IAIN Curup dan Ma’had akan terwujud.

Penulis: Dora Maryanti (Mahasiswi Jurusan Komunikasi Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup)

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.