Menkes RI Apresiasi Program Kader 211 dan PSC 119 Kabupaten Rejang Lebong


Realita Bengkulu - REJANG LEBONG. Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. dr. Nila Farid MoeLoek, Sp.M (K), Kamis siang (14/3) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Pada Kunker ke Rejang Lebong, Menkes RI bertatp muka lansung dengan ribuan perwakilan kader kesehatan 211 yang digagas oleh Dinas Kesehatan Rejang Lebong.
“Program Dinas Kesehatan dan Bupati Rejang Lebong sangat saya apresiasi, sungguh luar biasa. Saya pernah melakukan kunker ke salah satu tempat, disana kami sempat ditanya terkait apa solusi agar permasalahan kesehatan di masyarakat bisa langsung diketahui oleh kami dan saat itu kami sempat bingung mencari solusinya. Ternyata, jawabannya justru kami dapat secara langsung di Kabupaten Rejang Lebong. Program ini akan saya bahas bersama pak Presiden untuk dijadikan usulan program kesehatan kita di Indonesia secara Nasional,” ujar Menkes RI, Nila Farid Moeloek. 

Menkes RI tiba beserta rombongan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Novian Adusti dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni. Turut hadir Kapolres Rejang Lebong serta jajaran pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Rejang Lebong.

Menkes RI juga berkesempatan langsung melakukan tanya jawab interaktif kepada 5 orang perwakilan kader kesehatan 21 yang dipandu langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir di rumah dinas Bupati Rejang Lebong.

Setelah kegiatan di Rumah Dinas Bupati selesai, Menkes RI juga menyempatkan diri untuk meresmikan gedung Public Safety Center (PSC) 119 yang bealamt di Jalan Sekowati Curup tepatnya di depan Masjid Agung Baiturrahman Curup sekaligus menyaksikan langsung simulasi tim reaksi cepat PSC 119 dalam menangani korban kecelakaan lalulintas. Terakhir, Menkes RI beserta rombongan langsung meninjau kondisi RSUD Curup dua jalur yang berada di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang kemudian bertolak ke bandara Fatmawati Bengkulu kembali ke Jakarta.

“Saya sangat bangga pada kaum hawa di Rejang Lebong yang telah mengikutsertakan dirinya membentuk kesehatan Masyarakat melalui Kader Kesehatan 211. Perempuan harus mampu dan setara dengan laki-laki,” sampai Menkes RI. 

Dalam sambutannya, Bupati Rejang Lebong, Dr. Ahmad Hijazi menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Menkes RI serta menjelaskan secara singkat terkait program program kesehatan yang telah dibuat oleh jajarannya saat ini.

“Sejumlah terobosan program Kesehatan yang kita laksanakan seperti program yang dinamakan Kesehatan Pendekatan Keluarga atau KPK yang aplikasi secara online nya telah kita buatkan dan sudah bisa diinstall di gadget masing-masing masyarakat Rejang Lebong serta pembentukan kader kesehatan 211 yang artinya 2 kader untuk 1 program untuk satu dusun. Dengan aplikasi dan kader kesehatan 211 ini, kondisi kesehatan masyarakat yang ada di seluruh wilayah Rejang Lebong diharapkan mudah dipantau dan bisa segera ditangani, sehingga misi masyarakat Rejang Lebong sehat dapat dicapai dengan baik,” jelas Bupati, Ahmad Hijazi.(adv)

Jurnalis: Selamet Sugiharto
Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.