GERMAS Salah Satu Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat


Realita Bengkulu - BENGKULU. Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menegaskan salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yaitu dengan program Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas). Terlebih, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Bengkulu Nomor 440/569/Dinkes/2017 dan Nomor 440/572/Dinkes/2017, tindak lanjut Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Hal ini disampaikan Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti saat hadir dan membuka secara resmi Pertemuan Penggerakan Program Pembinaan Kesehatan Masyarakat Tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019 “Kolaborasi Pusat dan Daerah Dalam Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat di Provinsi Bengkulu”, di Ruang Pertemuan salah satu Hotel di Kota Bengkulu, Rabu (24/04).
“Sebagai komitmen, Pemprov telah mengeluarkan surat edaran Gubernur agar menindaklanjuti Instruksi Presiden tentang Germas dan mengambil langkah sesuai tugas dan fungsi kewenangan masing-masing, mewujudkan masyarakat agar hidup sehat,” terang Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti.

Selain itu terkait Germas lanjut Nopian Andusti, Pemprov Bengkulu juga telah berinovasi dengan mengambil langkah program Senam Germas Bengkulu yang telah dilombakan dan berhasil menorehkan prestasi dengan meraih rekor MURI kategori peserta terbanyak.

“Yang lebih utama adalah implementasinya yang dapat dilaksanakan sehingga berdampak pada meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Bumi Rafflesia,” pungkasnya.
Tampak hadir dalam kesempatan ini Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI dr. Riskiyana Sukandhi Putra.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, sejauh ini pihaknya telah bersinergi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di provinsi Bengkulu, mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kolaborasi antara pusat, provinsi, dan kabupaten kota untuk mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik.

“Kegiatan pergerakan program pembinaan, sudah dimulai sejak tanggal 23 kemarin hingga tanggal 26 April nanti dengan jumlah 80 orang peserta. Ini sebagai bentuk upaya kami dalam mengadopsi dan menindaklanjuti kegiatan Rakontek bidang Kesmas Kemenkes RI,” jelas Herwan Antoni

Selain itu, sebagai upaya memotivasi dan meningkatkan pelaksanaan dan capaian program kesehatan masyarakat, Dinkes Provinsi Bengkulu juga melakukan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja kabupaten/kota.(adv)

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.