Peduli Bencana Longsor dan Banjir Bengkulu, IOF Siap Distribusikan Donasi dan Bantuan


Realita Bengkulu - BENGKULU. Komunitas Off-road dan trail di Bengkulu gelar aksi peduli bencana. Kegiatan sosial itu dikoordinir oleh Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengurus Daerah Bengkulu. Ini dilakukan oleh komunitas penjelajah dengan kendaraan kemampuan khusus itu sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana longsor dan banjir yang melanda Bengkulu.

"Kami berinisiasi mengumpulkan donasi melalui jejaring yang ada. Kemudian kamu salurkan ke beberapa titik lokasi banjir di Bengkulu," kata Sekretaris IOF Pengda Bengkulu Samsul Hidayat, Minggu (28.04) pagi di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.

Saat itu, komunitas Off-road 4x4 dan trail 2x1 se-Provinsi Bengkulu hendak menggelar gathering (pertemuan) lintas komunitas dan berencana melakukan survei lokasi bakti sosial sebagai program sosial kemasyarakatan pada Ramadhan nantinya. Karena ada bencana melanda, kegiatan diubah menjadi aksi peduli bencana.

"Kami siap berkoordinasi dengan instansi pemerintah dalam kondisi darurat penanganan korban bencana. Termasuk distibusi logistik jika pada lokasi yang sulit dijangkau dengan armada biasa," ujar Samsul.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapesiasi aksi solidaritas komunitas tersebut. Menurutnya, dalam kondisi darurat penanganan bencana sangat dibutuhkan aksi cepat dan rasa kepedulian.

"Saya sudah tinjau beberapa lokasi terdampak banjir hingga malam tadi, ini juga infomasi serta laporan masyarakat terus masuk. Betapa kepedulian dan bantuan itu sangat berarti untuk saudara-saudara kita yang terdampak banjir," tutur Rohidin yang juga sebagai ketua umum IOF Pengda Bengkulu itu.

Tindakan penanganan dari pemeritah dan instansi vertikal di daerah, lanjut Gubernur Rohidin, yakni membangun dapur umum, dan upaya evakuasi warga. Siaga bencana, hal utama yang dilakukan adalah upaya keselamatan warga.

"Bantu evakuasi ke pengungsian, atau bisa suplai makanan ke pengungsian itu sangat berarti sangat membantu. Baik itu hanya sekadar informasi maupun aksi turun langsung," ucapnya.

Dirinya berharap, aksi kepedulian dari komunitas serta berbagai lapisan masyarakat termasuk perusahaan swasta, BUMN serta BUMD bisa berkoordinasi melalui Posko Penanganan Bencana Longsor dan Banjir di kantor BPBD. Apresiasi juga disampaikan kepada TNI dan Polri yang terus melayani masyarakat dalam kondisi apapun.

"Kita kerahkan sumber daya yang kita miliki, baik itu alat berat, armada dan juga logistik," terang Rohidin.

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.