Sekda Provinsi Bengkulu Pastikan Penyaluran Bantuan Merata dan Tepat Sasaran


Realita Bengkulu - BENGKULU. Jelang status tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor di Provinsi Bengkulu yang akan berakhir pada 3 Mei 2019, berdasarkan pantauan di Posko Bantuan dan Penanganan Bencana Banjir dan Longsor Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, bantuan bagi masyarakat terdampak bancana hingga saat ini terus mengalir dan siap didistribusikan.

Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti memastikan dan meminta penyaluran bantuan harus merata di setiap wilayah dan tepat sasaran serta administrasi penerimaan dan penyaluran juga harus terdata dengan baik. 

Dari laporan dihimpun, dikatakan Sekda Nopian Andusti hingga saat ini penyaluran bantuan berjalan lancar tanpa ada kendala berat.

“Prinsipnya untuk penyaluran bantuan apapun harus tepat sasaran, tepat kebutuhan, jangan nanti justru membantu orang yang tidak butuh. Kita tidak ingin terlambat, bantuan masuk segera salurkan,” ungkap Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti saat melakukan pengecekan di Posko BPBD Provinsi Bengkulu, Kamis (02/05).

Terhadap bantuan peralatan sekolah, Sekda Provinsi Bengkulu mengatakan sebagian bantuan seperti alat tulis, seragam juga telah masuk ke posko bantuan. Hanya saja yang difokuskan saat ini, terkait pembersihan lingkungan sekolah yang masih tertimbun lumpur pasca banjir.

“Beberapa sekolah yang telah dikunjungi kita meminta segera menyampaikan kebutuhan, nanti akan kita salurkan khusus bagi anak-anak sekolah. Sehingga jangan sampai kita salurkan tapi mereka tidak membutuhkan,” pungkasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi mengatakan, terkait diperpanjang atau tidaknya status tanggap darurat bencana, akan dipastikan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari masing-masing BPBD kabupaten/kota dan info dari BMKG wilayah Bengkulu.

“Kita do’akan berakhir sampai besok. Kita sesuai SK Gubernur dari 27 April hingga 3 Mei 2019,” jelas Rusdi. 

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.