Walikota Bengkulu, Helmi Dukung Baznas Salurkan Zakat ASN


Realita Bengkulu - KOTA BENGKULU. Wali kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan zakat merupakan kewajiban umat muslim. Serta Badan zakat nasional (Baznas) merupakan lembaga yang tepat untuk menghimpun dan menyalurkan zakat dari ASN kota Bengkulu.
"Zakat dari ASN kita langsung diberikan melalui Bank Bengkulu, dalam sila pertama kan mengatur ketuhanan Yang maha esa, jadi warga Indonesia ini harus bertuhan. Salah satunya Islam, negara ini menjamin dan kemudian lahirlah baznas. Yang memfasilitasi berhimpunnya zakat, jadi saat ini resmi dari pemerintah. Jadi ketika ada orang Islam yang tidak mau berzakat maka dipertanyakan keislamannya," ucap Helmi Hasan, Selasa (21/5/2019).
Ia juga menjelaskan bahwa Baznas merupakan suatu lembaga yang dilahirkan oleh negara. Sehingga memiliki landasan hukum yang kuat guna mengelola perhimpunan zakat tersebut, serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Sehingga nanti basnas yang menyalurkan nya, baznas yang mengeluarkan zakat kalau di luar itu silakan tanya dengan Majelis ulama dan baznas karena ini menyangkut kemaslahatan umat," tutupnya.
Walikota Bengkulu ini mengajak untuk melihat sejarah baznas, dimana ada warga kota Bengkulu yang sakit tertahan di rumah sakit, karena tidak bisa membayar dan kemudian basnas membayar tagihan pengobatannya.
"Ini uang bukan dipotong oleh Pemkot, jangan salah juga ini dipotong oleh baznas. Dari BPD ditransfer ke baznas, kemudian didistribusikannya untuk apa untuk masyarakat Bengkulu yang membutuhkan. Dan dengan syarat-syarat basnas dan aturan hukumnya.
Untuk diketahui dana zakat di akan didayagunakan guna bantuan bagi warga Bengkulu yang membutuhkan, meliputi salah satunya bidang pendidikan dan sosial. Harapan ke depannya adalah dapat membantu mensejahterakan masyarakat kota Bengkulu.(adv)
Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.