Perkuat Kehumasan, Diskominfotik Provinsi Bengkulu Tingkatkan Kompetensi


Realita Bengkulu - BENGKULU. Memperkuat Peran Kehumasan di Pemerintah Daerah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Bersama Direktorat tata kelola dan kemitraan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan kompetensi jabatan fungsional pranata hubungan masyarakat dan tim penilai Provinsi Bengkulu di Santika Hotel Bengkulu, Selasa(13/8).

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu (Kominfotik) Jaduliwan menyampaikan posisi pranata humas dalam pemerintahan sangat strategis, sebab seluruh informasi yang masuk dan keluar harus melalui humas, dimana dalam hal ini Dinas Kominfotik yang menjadi corong pemerintahan.
"Informasi yang tersaji keranah publik menjadi tanggung jawab humas untuk menyebarluaskan, oleh sebab itu pengetahuan kita perlu di upgrade mengikuti perkembangan zaman," terang Kadis Komimfotik.

Jaduliwan menambahkan Dinas kominfotik sekarang kembali ke peran semula yaitu sebagai pusat informasi, peralihan pada awal tahun kemarin membuat Kominfo kembali menata ulang peran serta tupoksi pranata humas sebagai penghubung informasi di Pemerintahan.

"Jika sebelumnya, peran humas ada diluar kominfotik dan sekarang posisinya kembali Kominfotik yang bertanggung jawab penuh terkait tugas kehumasan. Pada momen ini, kehumasan kembali diperkuat terkait tupoksi dan peran humas di pemerintahan agar kedepan pranata humas di daerah saling bersinergi," jelas Jaduliwan yang sebelumnya bertugas di Kab. Mukomuko.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring mengatakan Dinas Kominfo sebagai pusat kehumasan di daerah bertugas menyerap aspirasi publik dan mendiseminasikan program kerja dari pemerintah. Dengan begitu, setiap informasi mengenai pemerintah tersalurkan dengan baik dan diserap publik.

"Pranata humas kedepan akan ada uji kompetensi sehingga tupoksi yang dijalankan dapat berjalan sesuai porsi. Di pertemuan ini, kita akan saling sharing sehingga pengetahuan kita terkait kehumasan meningkat," pungkas Sembiring.

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.