Polda Resmi Naik Tipe A, Gubernur Rohidin Optimis Koordinasi Antar Lembaga Semakin Kuat


Realita Bengkulu - BENGKULU. Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu resmi dikukuhkan oleh Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Ari Dono Sukmanto pada upacara peningkatan tipologi dari tipe B ke tipe A, di Halaman Mapolda Bengkulu, Selasa, (12/11).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyambut baik keberhasilan Polda naik tipe A, hal ini sesuai dengan upaya yang dilakukan dalam beberapa tahun kebelakang yaitu sinergi penguatan kelembagaan di Provinsi Bengkulu.

"Tentu kita bersyukur, apa yang diperjuangkan bersama untuk melakukan penataan dan penguatan kelembagaan di jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu, alhamdulilah untuk Polda sudah berhasil. Kemudian selanjutnya untuk Korem tinggal menunggu waktu, karena keppres kelembagaannya sudah disetujui," jelas Rohidin.

Lebih lanjut, pengembangan penguatan kelembagaan seperti ini diyakini betul akan membuka kekuatan Bengkulu untuk bisa membangun yang lebih baik dimasa mendatang. Pemprov terus mensupport, apabila ada kegiatan yang bisa dikerjasamakan antar lembaga ataupun support sarana prasarana yang sangat dimungkinkan.

"Tahun ini juga, Angkasa Pura juga sudah masuk untuk mengelola Bandara Fatmawati Bengkulu, kemudian Korem juga hampir sedikit lagi. Lanal juga mulai ada progress untuk naik, begitupun IAIN menjadi Universitas Islam Fatmawati. Jika semua upaya ini berhasil, tentu Bengkulu akan semakin maju dan berkembang," ungkap Rohidin.

Sementara itu, Wakapolri mengucapkan selamat, atas kenaikan tipologi Polda Bengkulu.

"Saya mengucapkan selamat, atas kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A. Peningkatan ini akan berdampak pada pengimbangan jenjang kepangkatan Kapolda jadi bintang dua, dan Wakapolda jadi bintang satu," ujar Wakapolri.

Ia menambahkan, kenaikan tipologi dimaksudkan untuk memberikan support kepada kesatuan (Polda) dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar lebih optimal lagi. Pastinya nanti, akan diikuti penyesuaian kenaikan pangkat, golongan pimpinan mulai dari Kapolda, Wakapolda hingga kebawah, diikuti pula peningkatan kualitas SDM organisasi Polda Bengkulu.

"Kenaikan tipe ini, sebagai upaya meningkatkan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik lagi. Dan ada penambahan personel, anggaran, dan sarana prasarana namun demikian postur kelembagaan harus tetap dinamis, fleksibel, lincah dan gesit dalam bergerak sehingga kinerja semakin baik sesuai harapan masyarakat," jelasnya.

Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.