Bupati Kaur: Pengurus Lembaga Adat Kaur Akan Diberikan Insentif


Realita Bengkulu - KAUR. Kamis pagi (19/12/19) bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, Bupati Kaur, Gusril Pausi, S.Sos,M.AP hadiri dan buka secara langsung Musyawarah Adat Istiadat di Kabupaten Kaur bersama l
Lembaga Adat Kaur (LAKu) dan unsur pemerintah dalam optimalisasi Peraturan Daerah Kabupaten Kaur Nomor 01 tahun 2016 tentang lembaga adat kaur dan implementasi peraturan lembaga adat kaur tentang peraturan adat istiadat di Kabupaten Kaur.

"Tujuan kegiatan ini merupakan sebagai titik tombak undang-undang adat kita yang berlaku di Kabupaten Kaur," kata Kabag Kesra Robi Antomi,S.Pi pada sambutanya.

Ketua LAKu Kaur, Izwan Marzuki S.Sos juga menyampaikan pada saat sambutanya bahwa pada 11 Desember 2019 lalu telah disahkan peraturan adat walaupun masih banyak kekurangan, namun kekurangan tersebut akan disempurnakan pada kegiatan musyawarah tersebut.

"Pada 11 Desember kemarin sudah disahkan peraturan adat Kaur, namun memang masih banyak kekurangan, maka dari itu mari kita ikuti dengan seksama musyawarah ini agar kita mendapatkan hasil yang terbaik demi kemajuan bersama," ujar Ketua LAKu.

Bupati Kaur dalam sambutannya menerangkan, Kabupaten Kaur ada lima budaya yakni budaya kaur itu sendiri, basemah, semende, nasal, dan pasar bintuhan.

"Lembaga adat perannya di masyarakat sangat besar dan penting, maka dari itu kita akan segera bentuk keberfungsian lembaga adat tersebut dimulai dari desa-desa di Kaur dan pada 2020 mendatang direncanakan Lembaga adat akan diberi insentif," sampai Gusril Fauzi.

Bupati menambahkan, apabila ada lembaga adat desa yang menegakkan hukum adat terutama pada anak ngelem akan diberi hadiah dan piagam penghargaan. Bupati juga berharap pengurus LAKu Kabupaten Kaur merupakan orang-orang pilihan dan bijaksana sehingga dipatuhi dan disegani di masyarakat.

Turut hadir dqlam kegiatan tersebut UFKPD, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, seluruh Kepala Desa dan lembaga adat desa di Kabupaten Kaur.

Jurnalis: Andi Saputra
Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.