Fatmawati, Ibu Negara Pertama dan Pahlawan Penjahit Bendera Merah Putih


BENGKULU - Terletak di Simpang Lima Kota Bengkulu, Presiden RI Ir. Joko Widodo meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj.Fatmawati, pada Rabu (05/02/2020). Peresmian ini dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, Menteri PMK RI Prof.Dr.Muhajir Effendy, M.A.P, Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P.,M.Hum, Gubernur Bengkulu drh.DR.H.Rohidin Mersyah, MMA, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, S.Sos.,M,Si, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan, S.E, Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamudin, Anggota DPD RI H.Ahmad Kanedy, S.H.,M.H, Hj.Riri Damawayanti, S.Psi, Keluarga besar Ibu Fatmawati Soekarno, Pengurus Yayasan Fatmawati Soekarno, Ketua DPD PDI-P Provinsi Bengkulu Hj.Elva Hartati Murman, S.IP.,M.M serta undangan yang berjumlah -/+ 500 (lima ratus) orang. Tampak juga menghadiri acara monumental tersebut Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Supratman, MH.

Acara diawali dengan penampilan tari Persembahan yang diiringi Tabuhan Dol dan dilanjutkan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
Sukmawati Soekarno Putri sebagai perwakilan Keluarga Besar Fatmawati Soekarno dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mendukung dalam penyelenggaraan Peresmian Patung Ibu Fatmawati yang merupakan Ibu Negara Pertama Bangsa Indonesia dan Putri asli dari Provinsi Bengkulu.

Sejarah Singkat Pertemuan antara Ibu Fatmawati dengan Bapak Soekarno berawal dari Presiden Pertama Ir. Soekarno yang diasingkan ke Kota Bengkulu tahun 1942 bertemu dengan Putri asli Kota Bengkulu yaitu Ibu Fatmawati yang akhirnya menjadi pasangan hidup bapak Ir. Soekarno dan menemani perjuangan Bapak Ir. Soekarno sebelum dan selama beliau menjadi Presiden RI.
Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Masyarakat Provinsi Bengkulu yang semangat menyambut rombongan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowidodo dalam rangka Peresmian Monument Patung Ibu Fatmawati. Menurutnya Ibu Fatmawati merupakan ibu negara yang pertama selalu setia mendukung perjuangan Presiden Ir. Soekarno sehingga dengan adanya monument Patung Ibu Fatmawati ini merupakan bukti nyata kita dalam menghormati jasa-jasa Ibu Fatmawati selaku ibu Negara dan pahlawan yang menjahit Bendera Merah Putih.

“Saya berharap Kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Masyarakat Provinsi Bengkulu untuk dapat merawat dan menjaga monument Patung Ibu Fatmawati agar kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia dapat mengetahui dan mengenang jasa-jasanya yang selama ini menjadi salah satu tonggak sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia yaitu Ibu Negara pertama yang menjahit Bendera Pusaka Merah Putih,” ucapnya.
Pada acara tersebut Sukmawati Soekarno Putri juga melakukan penyerahan Monumen dari Ketua Yayasan Fatmawati Soekarno (Ibu Puan Maharani) kepada Pemda Provinsi Bengkulu.(ADV)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.