Diketahui Belum Dapat Rekomendasi Lingkungan, Beberapa Perusahaan Di Kaur Segera Diperiksa Pansus DPRD


BENGKULU, Kaur - Adanya indikasi perizinan yang tidak sesuai dengan ketentuan, beberapa perusahaan bidang pertambangan dan perkebunan akan disidak oleh Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaur yang belum lama ini dibentuk.

Salah seorang anggota Tim Pansus, Rismadi mengungkapkan, pihaknya telah memegang beberapa perusahaan terindikasi kuat melanggar aturan terkait penerbitan perizinan yang saat ini dimiliki oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Salah satu indikasinya adalah tidak pernah ada dikeluarkan surat rekomendasi izin lingkungan oleh dinas terkait kepada perusahaan-perusahaan yang saat ini terus beroperasi dan melakukan produksi hingga distribusi ekspor tersebut. Hal ini diketahui, setelah pihak Pansus DPRD Kaur berkoordinasi dengan dinas terkait perizinan ini.

"Mereka (perusahaan-perusahaan) menyatakan bahwa memiliki izin dari pihak Dinas Provinsi dan Pusat. Namun, izin tersebut, setelah kami kroscek ke Dinas terkait rekomendasi lingkungan Kabupaten Kaur belum pernah ada mengeluarkan surat rekomendasi jenis apapun. Ini kan aneh, dan terindikasi 'mengangkangi' aturan dan kebijakan pemerintahan Kabupaten Kaur," jelas Rismadi.

Rismadi melanjutkan, permasalahan ini akan dibenahi oleh DPRD Kaur dan Dinas-Dinas terkait perizinan. Birokrasi yang tidak sesuai dengan aturan juga akan dibenahi, hingga diketahui pokok kesalahan yang terjadi.

"Saat ini kami dari Tim Pansus sedang membahas ini secara intensif, nantinya hasil bahasan ini akan ditindaklanjuti langsung ke perusahaan-perusahaan yang terindikasi bermasalah perizinannya," pungkasnya.

Rismadi yang juga Anggota Komisi I DPRD Kaur ini menyinggung permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) yang wajib dikeluarkan oleh pihak perusahaan. Rismadi mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan terkait CSR perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kaur, khususnya desa-desa terdekat dari perusahaan-perusahaan tersebut.

"Kami akan bertindak tegas, jika ditemukan masalah perizinan memang secara sah tidak lengkap dan tidak melaksanakan kewajiban sesuai dengan aturannya, harap angkat kaki saja dari Kaur," tegas Rismadi.

Jurnalis: Andi Saputra
Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.