Polres Kaur Sita 2 Ekor Hewan Dilindungi


BENGKULU, Kaur - Kepolisian Resort (Polres) Kaur kembali berhasil mengamankan dua ekor hewan yang dilindungi, Jumat (21/02/2020) pada satuan Tipiter Polres Kaur di Operasi Wanalaga Nala 2020. Penangkapan ini sesuai dengan tindak pidana di bidang Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya alam Hayati.

Penangkapan ini atas dua orang pemilik yang memelihara hewan dilindungi tersebut, adalah milik Suryanto, dari tangannya disita satu ekor Burung Tiang Emas (BEO) yang berlokasi di Desa Suka Bandung Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur dan Dian Sakarman (Iri Afrizal) disita satu ekor Siamang di Desa Sukarami Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur.

Ketika dimintai keterangan terkait Operasi Wanalaga Nala ini, Kapolres Kaur AKBP Puji Prayitno, S,ik MH melalui Kasatreskrim Iptu Ahmad Khairuman mengatakan selama Operasi Wanalaga Nala menghimbau jika ada warga memelihara hewan dilindungi untuk diserahkan ke pihak yang berwajib.

"Saya himbau kepada warga untuk tidak memelihara hewan yang dilindungi, Untuk 2 hewan telah kita amankan, saya mohon juga jika ada masyarakat memelihara dan menyimpan hewan dilindungi untuk urus izin atau menyerahkan kepada aparat yang berwajib," ucap Kasatreskrim.

Tambahnya, dalam Kasus ini sesuai pasal 21 ayat (2) huruf (a) Jo pasal 40 ayat (2) UU RI Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber daya Alam Hayati dan Ekosistem.

Jurnalis: Andi Saputra
Editor: Selamet Sugiharto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.