Cara Cek RAM Laptop di Semua Tipe Windows dengan Mudah

  • Share
Cara Cek RAM Laptop

Realitabengkulu.co.id – RAM merupakan salah satu komponen penting yang ada di laptop karena jika RAM tidak berfungsi, maka kinerja laptop akan tidak seimbang dan akan mengalami kerusakan, sehingga penting juga cuntuk tahu cara cek ram laptop.

RAM sendiri memiliki kepanjangan yaitu Random Access Memory yang merupakan suatu komponen utama dari Laptop ataupun computer yang dimana fungsi dari RAM sendiri adalah untuk menjalankan dan memproses software yang digunakan.

Semakin besar kapasitas RAM yang kamu punya maka semakin besar juga kamu bisa memaksimalkan pengguan dari RAM tersebut, jika menggunakan banyak sekali aplikasi, maka semakin banyak juga kapasitas ram yang kamu perlukan untuk menunjang aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Mengetahui ID Shopee Pay Sendiri Lewat Aplikasi dan Web Shopee

Untuk menjaga agar kapasitas RAM kamu tidak penuh, kamu perlu tau cara cek RAM Laptop nih. Nah, penasaran cara untuk mengecek ram laptop kamu itu gimana? Mari simak ulasan terkatit mengenai cara cek ram laptop sebagai berikut.

Macam-Macam Cara Cek RAM Laptop

Banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek ram laptop ataupun PC kamu nih. Kami akan menjelaskan 12 cara untuk mengecek RAM dari laptop kamu, untuk cara-cara cek RAM-nya sebagai berikut :

Cara Cek RAM Laptop via Pengaturan

Langkah ini hanya bisa digunakan oleh pengguna windows 8, windows  8.1, dan windows 10 ya teman. Jadi buat kamu yang laptop nya tidak sesuai dengan yang diatas bisa skip cara ini. Untuk cara cek ram nya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, kamu buka menu start dengan cara pilih logo windows yang terletak pada pojok kiri bawah.
  • Lalu kamu cari kolom search dan ketik “Settings” lalu enter.
  • Cari menu “system”, jika sudah ketemu klik menu nya.
  • Lalu kamu klik menu “about” yang terletak di bagian bawah pada barisan menu.
  • Kamu bisa melihat kapasitas RAM kamu disana.

Cara Cek RAM via Control Panel

Cara yang kedua adalah melalui fitur control panel yang tentunya cara tersebut sangat mudah. Seperti apa cara cek ram lewat control panel, berikut caranya :

  • Pertama, kamu buka terlebih dahulu menu Control Panel, lalu klik menu System dan Security.
  • Lalu pilih lagi menu System, jika sudah maka aka nada tampilan berisi nformasi terkait laptop kamu da nada juga kapasitas RAM yang digunakan.

Baca Juga: Koin Snack Video Berapa Rupiah Sih? Ini Penjelasan Lengkapnya

Cara Cek RAM Laptop lewat File Explorer

Cara yang ini bisa dibilang cara yang paling sering digunakan para pengguna laptop nih, yaitu menggunakan file explorer untuk cek ram. Untuk cara menggunakan file explorer untuk cek RAM sebagai berikut :

  • Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah masuk ke file explorer terlebih dahulu
  • Setelah itu kamu bisa pilih computer, lalu klik kanan dan pilih “system properties”
  • Tunggu sampai muncul tab “basic information about your computer”, dan muncullah kapasitas RAM.

Cara Cek RAM via Stiker

Dikebanyakan laptop, cara mengecek ram itu sendiri melalui stiker yang ada saat membongkar laptop. Stiker ini sendiri tentunya sudah pasti berada di RAM itu sendiri oleh karena itu sangatlah mudah ditemukan.

Namun, ada beberapa merk yang tidak perlu mengecek RAM lewat stiker tanpa membongkar laptopnya hanya perlu membuka penutup bagian bawah dari laptop saja dan kamu sudah bisa melihat kapasitas RAM kamu. Untuk merk laptop tersebut adalah Lenovo dan ASUS.

Cek RAM Melalui DXdiag

Biasanya, yang menggunakan cara melalui DXdiag ini adalah orang yang sudah mahir tentang computer ataupun laptop. Cara ini bisa kamu pakai dengan menggunakan DXdiag (DirectX Diagnostic Tools), kamu juga bisa melihat spesifikasi laptop kamu secara detail jika menggunakan DXdiag ini. Untuk cara menggunakan DXdiag, sebagai berikut :

  • Pertama, kamu bisa membuka fitur “RUN”, untuk membuka nya kamu bisa menekan tombol windows + R secara bersamaan.
  • Setelah itu ketik di kolom pencarian “dxdiag” kemudian kamu tekan enter.
  • Tunggu prosesnya sampai tab DirectX Diagnostic Tools muncul di laptop kamu, setelah itu kamu bisa melihat kapasitas RAM kamu di menu System.

Cek Penggunaan RAM lewat Task Manager

Cara ini bukan untuk mengecek RAM, tapi cara ini berfungsi untuk mengetahui penggunaan RAM di laptop kamu, dan kamu juga bisa mengatur penggunaan RAM kamu nih. Penasaran cara-caranya? Berikut cara menggunakan task manager nih :

  • Pertama, kamu buka menu task manager dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC.
  • Setelah itu buka menu memory, dan akan muncul tampilan penggunaan RAM kamu deh.

Baca Juga: Social Spy Whatsapp Untuk Sadap WA, Berikut Cara Menggunakannya

Akhir Kata

Demikian ulasan terkait mengenai Cara Cek RAM Laptop. Buat kamu yang ingin mengecek RAM laptop kamu, kamu bisa menggunakan salah satu cara dari sekian cara yang sudah kami sebutkan diatas ya gengs. Semoga ulasan yang kami buat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu tersenyum ya teman-teman ^^

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *