Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bisa Bergerak Saat Baru Dinyalakan

  • Share
Cara Mengatasi Laptop Hang

Realitabengkulu.co.id – Pasti kamu pernah entah dari windows 10, windows 8, atau system lainnya mengalami yang namanya hang pada laptop kamu? Hampir dari semua laptop maupun komputer pasti pernah mengalami yang namanya menghadapi masalah hang pada perangkat.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir dengan hal itu karena hal itu adalah permasalahan yang wajar atau sangat umum yang bisa diselesaikan sesuai dengan permasalahan yang ada.

Saat komputer mengalami yang namanya hang, banyak yang tidak berfungsi menunya kecuali kursor atau penunjuk mouse. Kamu hanya bisa menggerak-gerakan kursor tetapi tidak bisa mengklik tombol apapun karena not responding.

Baca Juga: Cara Cek RAM Laptop di Semua Tipe Windows dengan Mudah

Tentu saja hal ini membuat kamu heran kenapa bisa terjadi hal seperti itu pada laptop kamu bukan? Apalagi hal tersebut terjadi saat kamu sedaang mengerjakan sesuatu seperti bekerja, atau pun saat kamu sedang browsing. Ingin mengetahui cara mengatasi laptop hang? Mari simak ulasan berikut ini terkait cara mengatassi laptop hang, sebagai berikut.

Penyebab Laptop Hang Tidak Bergerak

Ada berbagai penyebab yang menjadi penyebab terjadinya laptop kamu hang layar hitam, crash, ataupun sangat lemot. Kami akan menyebutkan beberapa penyebab dari terjadinya laptop hang, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

  • Adanya virus atau malware yang berada di laptop kamu yang menyebabkan hang.
  • Ruang memori laptop sudah hampir penuh.
  • Driver laptop yang sudah ketinggalan zaman atau tidak di update.
  • Mesin laptop mengalami overheat.
  • Perangkat lunak yang sudah sangat usang.
  • Hard drive yang kamu miliki bermasalah.
  • Adanya program yang tidak diperlukan berjalan di background.
  • Tidak menginstall pembaruan dari windows update.

Cara Mengatasi Laptop Hang Terbaru

Adapun cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan, not responding, lemot, dan lain sebagainya. Kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi laptop hang, untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :

Memberi Waktu Laptop untuk Istirahat

Kamu bisa memberikan waktu terlebih dahulu laptop kamu beristirahat. Buat kamu yang menggunakan laptop yang berkaitan dengan penggunaan CPU, terkadang beberapa hal akan terjadi macet sejenak.

Namun, jika laptop kamu benar-benar terjadi freeze, maka berikan waktu buat laptop agar sistem berfungsi kembali. Terkadang, masalah ini sebenarnya tidak terlalu berat dan kamu hanya perlu memberikan waktu jeda sebentar untuk laptop kamu dan itu adalah pilihan yang terbaik.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Tiktok itu Gampang Banget! Yakin Gak Mau Coba?

Mengakhiri Program Tidak Penting

Jika laptop kamu sudah pulih kemudian terjadi hang lagi, kamu bisa melakukan cara yang umum untuk dilakukan yaitu dengan cara mengakhiri program yang tidak penting tau End Task.

Untuk caranya adalah kamu bisa menekan tombol CTRL+ALT+DELETE di keyboard kamu lalu pilih opsi Task Manager. Lalu kamu bisa cari program-program yang tidak penting menurut kamu dan meng-end task program tersebut.

Periksa Browser Task Manager

Jika kamu mengalami kendala macet di browser, mungkin ini salah satu penyebab terjadi nya hang di laptop kamu. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuka Task Manager Browser dengan cara menekan tombol Shift+Esc untuk melihat semua kinerja dari browser Google chrome.

Untuk membuka task manager dari mozila firefox, kamu bisa membuka menu More>Task Manager. Dengan begitu, kamu sudah bisa melihat apa saja yang dikerjakan di browser kamu nih.

Reboot dan Jalankan Laptop lagi

Jika kamu sudah menggunakan fitur CTRL+ALT+DELETE dan tidak berfungsi, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan me-reboot atau merestart laptop kamu.

Baca Juga: Sound of Text WhatsApp, Cara Membuat & Menggunakan Sound of Text WA

Jika laptop kamu dalam keadaan freeze atau tidak bisa mengklik apapun, kamu bisa langsung merestart dengan secara paksa. Untuk caranya kamu tekan tombol power laptop kamu hingga mati, kemudian kamu tekan lagi tombol power untuk menghidupkan laptop kamu.

Melakukan pemindaian virus

Salah satu penyebab dari laptop mengalami hang adalah adanya virus didalam laptop kamu. Nah, untuk menghapus virus-virus tersebut kamu diperlukan untuk melakukan pemindaian file serta perangkat lunak yang ada di laptop kamu nih. Tentu saja kamu memerlukan virus scanner untuk melakukan hal tersebut, dan kamu bisa langsung membersihkan virus yang ada di file serta perangkat lunak kamu nih.

Install Ulang Driver Laptop

Jika kamu sudah melakukan semua hal tadi dan masih mengalami yang namanya hang, maka kamu harus melakukan install ulang driver laptop kamu. Tetapi, dengan menggunakan cara sederhana ini belum tentu akan mengatasi masalah hang kamu karena jika kamu mengupgrade program di perangkat kamu, bisa jadi tidak kompatibel dengan driver lama kamu.

Waspada terhadap Overheat

Panas yang berlebih akan menyebabkan laptop kamu menjadi lambat bahkan bisa berhenti berfungsi. Penyebab nya system pendingin di dalam laptop kamu kurang bagus, sehingga salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara membersihkan debu, memeriksa kipas laptop, atau perlu membeli kipas baru untuk laptop kamu.

Baca Juga: Social Spy Whatsapp Untuk Sadap WA, Berikut Cara Menggunakannya

Akhir Kata

Demikian ulasan terkait mengenai Cara mengatasi laptop hang. Buat kamu yang mengalami laptop hang, kamu bisa banget mencoba salah satu cara mengatasi laptop hang di atas yaa gengs. Semoga ulasan kami ini bermanfaat buat kamu semua dan jangan lupa untuk selalu tersenyum selalu dan bahagia dimanapun kamu berada ^^

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *