Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dan di Laptop Menjadi 50 kb, 100 kb

  • Share
Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Realitabengkulu.co.id – Banyak cara mengecilkan ukuran foto yang bisa diterapkan secara manual mulai dari menggunakan software PhotoShop, Paint, dan lain-lain.

Namun, semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin berkembang pesat sehingga banyak sekali cara mengecilkan ukuran foto tanpa harus menggunakan aplikasi sekalipun.

Mengecilkan ukuran foto itu sendiri sudah sangatlah umum dikarenakan digunakan untuk berbagai kepentingan pribadi seperti melamar pekerjaan, pendaftaran sekolah/perkuliahan, dan lain-lain.

Karena ukuran foto yang diperlukan adalah size sekitar 200kb – 1mb maksimal, maka diharuskan untuk mengecilkan ukuran foto yang original nya.

Walaupun hal ini sudah sangat umum dilakukan, masih saja beberapa orang yang kurang memahami cara mengecilkan ukuran foto sehingga diharuskan untuk ke tukang foto untuk mengecilkan ukuran fotonya.

Baca Juga: Cara Memperbesar Ukuran Foto Secara Offline dan Online Menjadi 200 kb

Nah, untuk itu kami sudah membuat cara yang mudah untuk mengecilkan foto agar kalian dapat mengerti dan langsung bisa mempraktekkan nya nih.

Mari simak ulasan terkait mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Foto yang bisa dilakukan dari perangkat ponsel, laptop, ataupun computer sebagai berikut.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto lewat Smartphone

Banyak sekali aplikasi-aplikasi resize foto yang tersedia di AppStore ponsel kamu, kamu bisa bebas memilih dari sekian banyak aplikasi tersebut untuk kamu gunakan mengecilkan foto kamu nih. kami akan menyebutkan beberapa cara mengecilkan foto lewat ponsel kamu, sebagai berikut.

Menggunakan Aplikasi Photo Compress

Yang pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi photo compress untuk mengecilkan ukuran foto kamu nih. untuk cara menggunakan aplikasi photo compress ini sebagai berikut :

  • Pertama, kamu bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi Photo Compress di Appstore ponsel kamu.
  • Setelah selesai mendownload, kamu buka aplikasi tersebut, pilih opsi gallery dan pilih foto yang akan kamu kecilkan ukurannya.
  • Setelah memilih foto, tekan tombol compress lalu pilih kualitas dengan menggeser toogle yang tersedia di aplikasi tersebut lalu tekan compress lagi.
  • Jika sudah terkompres fotonya, tekan exit dan foto nya akan secara otomatis tersimpan di galeri kamu.

Baca Juga: Cara Ganti Password Gmail Lewat HP dan di PC dengan Mudah Terbaru

Menggunakan Web iloveIMG

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mengecilkan ukuran foto kamu dengan menggunakan layanan website iloveIMG. Untuk cara menggunakan layanan web dari iloveIMG sebagai berikut :

  • Pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser yang ada di ponsel kamu dan klik kolom pencarian, lalu ketik https://iloveimg.com/id.
  • Setelah itu, kamu pilih fitur menu kompres gambar lalu pilih gambar yang ingin di kompres.
  • Jika sudah, tekan “kompres gambar” dan tunggu proses kompres selesai.
  • Setelah proses kompres selesai, kamu bisa mendownload foto nya dengan mengetuk unduh gambar pada foto yang sudha di kompres tadi dan secara otomatis akan tersimpan di file ponsel kamu.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Laptop/PC

Ada beberapa cara untuk mengecilkan ukuran foto melalui laptop atau PC nih gengs. Berikut caranya melalui PC atau laptop sebagai berikut.

Mengecilkan foto lewat web PhotoResizer

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan layanan dari web photoresizer. Untuk cara meenggunakan layanan web photoresizer, sebagai berikut :

  • Pertama, kamu bisa buka browser yang ada di laptop ataupun PC kamu, lalu cari kolom pencarian dan ketik https://www.photoresizer.com.
  • Setelah itu cari foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya dengan cara klik browse atau juga bisa menggeser file langsung ke web nya.
  • Jika sudah, pilih opsi kompres file lalu tunggu proses selesai.
  • Setelah hasil kompres kamu muncul, kamu bisa langsung mendownload foto nya dan simpan di penyimpanan laptop atau PC kamu.

Mengecilkan foto lewat aplikasi Paint

Kamu juga bisa nih mengecilkan ukuran foto kamu lewat aplikasi yang bernama paint. Untuk cara-cara menggunakan aplikasi paint untuk mengecilkan foto sebagai berikut.

  • Buka aplikasi paint, yang bisa kamu cari di kolom pencarian windows.
  • Setelah itu pilih foto yang ingin di perkecil, dan pilih opsi resize pada toolbar paint.
  • Setelah itu akan muncul tab “Resize and skew” dan atur “ percentage” atau “pixel sesuai dengna kebutuhan yang kamu inginkan. Pastikan untuk mengaktifkan “Maintain aspect ratio”.
  • Setelah selesai, kamu bisa menyimpan hasil resize foto tersebut di penyimpanan laptop atau PC kamu deh.

Baca Juga: Aplikasi Tulisan Berjalan, Ini Cara Membuatnya Menggunakan Led Scroller

Akhir Kata

Demikian ulasan terkait mengenai cara mengecilkan ukuran foto. Buat kamu yang ingin mengecilkan ukuran foto, kamu bisa banget mecoba salah satu cara yang sudah kami sebutkan diatas yaa gengs. Semoga ulasan kami ini bermanfaat buat kamu semua dan jangan lupa untuk selalu tersenyum dan bahagia ya gengs ^^

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *