Ukuran Kertas A2 di Word Sesuai SNI & ISO dalam CM, MM, INCHI, Pixel

  • Share
Ukuran Kertas A2

Realitabengkulu.co.id – Ukuran Kertas A2 merupakan kertas yang sudah terstandarisasi internasional berdasarkan ketentuan ISO dalam satuan millimeter (mm) dan bisa dikonversikan menjadi centimeter (cm) ataupun menjadi inci dan pixel.

Berdasarkan ketentuan dari ISO (International Standard Organization) 216, seri A merupakan salah satu yang paling umum digunakan dari berbagai negara di dunia.

Kertas seri A ini salah satu ukuran kertas yang sering digunakan untuk keperluan dunia digital. Ukuran kertas seri A juga memiliki perbedaan serta fungsi nya masing-masing di setiap ukurannya.

Baca Juga: Ukuran Kertas A3 di Word, Photoshop dalam CM, MM, Inchi & Pixel

Ukuran kertas ini juga di dasarkan pada setiap ukurannya dibagi menjadi 2 dari ukuran kertas sebelumnya. Perlu kamu ketahui bahwa ukuran kertas seri A memiliki sekitar 11 jenis ukuran, dimulai dari A0 sampai dari A10.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ukuran kertas A2, mari simak ulasan terkait berikut ini.

Ukuran Kertas A2

Seperti yang yang diketahui dari informasi diatas, kertas A2 merupakan salah satu dari sekian banyak size dalam seri A yang berdasarkan ketentuan dari ISO 216 (International Standard Organization).

Size kertas dari seri A memperlihatkan visual dari size yang berhubungan dengan yang lain, misalnya kertas A2 adalah setengahnya dari kertas A1, serta A3 adalah bentuk dari setengahnya kertas A2, dan begitu seterusnya.

Kami akan menjelaskan beberapa ukuran kertas A2 dalam satuan panjang, berikut penjelasannya.

Ukuran kertas A2 satuan centimeter (cm)

Ukuran A2 dalam satuan centimeter adalah sebagai berikut :

42,0 x 59,4 cm

Ukuran Kertas A2 Satuan Milimeter (mm)

Ukuran A2 dalam satuan millimeter adalah sebagai berikut :

420 x 594 mm

Ukuran Kertas A2 Satuan Inci (Inch)

Ukuran A2 dalam satuan inci adalah sebagai berikut :

16,54 x 23,39 inch

Baca Juga: Ukuran Kertas A4 di Photoshop, Ms. Word dalam CM, MM, Inchi & Pixel

Ukuran Kertas A2 Satuan Pixel (px)

Untuk penggunaan satuan pixel yang disesuaikan adalah konfigurasi dari Dots per inch atau biasa disingkat dengan DPI, ada juga beberapa orang menyebutnya dengan Pixel per Inch atau disingkat dengan PPI yang dimana satuan ini menunjukkan tingkat kerapatan suatu titik atau pixel dalam 1 inci. Kertas A2 biasanya digunakan untuk menggambar, poster, flip chart, dan lain-lain. Berikut ukurannya dalam satuan Pixel :

  • 72 DPI/PPI          = 1191 x 1684 px
  • 96 DPI/PPI          = 1587 x 2245 px
  • 150 DPI/PPI        = 2480 x 3508 px
  • 300 DPI/PPI        = 4960 x 7016 px

Kegunaan Kertas A2

Kegunaan kertas A2 ini biasanya digunakan di bidang seni seperti, poster dan diagram. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan kertas A2, simak penjelasan berikut ini :

Mencetak Peta dan Poster

Salah satu kegunaan dari kertas A2 ini adalah mencetak peta dan poster. Dengan size yang sangat pas dan presisi, kertas A2 ini sangat cocok dipakai.

Mencetak Foto

Dengan kertas A2, biasanya juga digunakan untuk mencetak foto-foto seperti pahlawan, tokoh penting, pasangan, keluarga, dan sebagainya.

Masih banyak kegunaan dari kertas yang berukuran A2 yang bisa dimanfaatkan dalam mencetak ataupun hal lainnya.

Cara Mengatur Ukuran Kertas A2 di Word

Buat kamu yang ingin mencetak dengan kertas A2, kamu diharuskan men-setting dahulu karena default jenis kertas untuk mencetak sesuatu adalah jenis A4 biasanya. Untuk langkah-langkah mengaturnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, masuk ke menu “Page Layout”.
  2. Klik “margins” kemudian klik “size”.
  3. Pilih A2, kemudian kamu atur manual ukurannya sesuai dengan yang dijelaskan di atas.
  4. Klik “OK” dan kamu bisa langsung cetak.

Baca Juga: Ukuran KTP SNI dan ISO dalam CM, MM, Pixel & Inchi (eKTP, KTP Lama)

Akhir Kata

Demikian ulasan terkait mengenai Ukuran Kertas A2. Semoga ulasan yang kami buat tentang kertas A2 bermanfaat buat kalian-kalian semua. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa tersenyum kawan ^^

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *