Ukuran Kertas A3 di Word, Photoshop dalam CM, MM, Inchi & Pixel

  • Share
Ukuran Kertas A3

Realitabengkulu.co.id – Ukuran kertas A3 merupakan salah satu dari sekian banyak ukuran kertas dari seri A yang sudah dikelompokkan oleh International Standard Organization (ISO) 216 dalam satuan centimeter yang dapat diubah menjadi millimeter maupun satuan inci.

Ukuran kertas dari seri A ini sudah menjadi standar internasional untuk digunakan. Mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10, dan seterusnya.

Ukuran kertas tersebut berturut-turut didefinisikan dengan cara membagi 2 atau setengah dari ukuran kertas sebelumnya yang dimensi kertasnya lebih besar.

Baca Juga: Ukuran Kertas A4 di Photoshop, Ms. Word dalam CM, MM, Inchi & Pixel

Biasanya ukuran kertas A3 ini digunakan untuk media menggambar seperti buku gambar, poster, diagram, dan desain grafis. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait A3 size, mari simak ulasan berikut ini.

Ukuran Kertas A3

Ukuran Kertas A3 berdasarkan standar dari ISO sendiri merupakan ukuran dari seri A yang biasanya digunakan untuk menggambaratau pun yang berkaitan dengan hal tersebut.

Buat kamu pecinta seni pasti sudah tidak asing lagi dengan ukuran kertas satu ini bukan? Untuk mengetahui lebih jelas satuan ukuran dalam cm, mm, inci, dan pixe mari simak penjelasannya berikut ini.

Ukuran Satuan dalam CM (Centimeter)

Untuk ukuran kertas A3 dalam satuan centimeter, sebagai berikut :

29,7 x 42,0 cm

Ukuran Satuan dalam MM (millimeter)

Untuk ukuran kertas A3 dalam satuan millimeter, sebagai berikut :

297 x 420 mm

Baca Juga: Ukuran KTP SNI dan ISO dalam CM, MM, Pixel & Inchi (eKTP, KTP Lama)

Ukuran Satuan dalam Inci (inch)

Untuk ukuran kertas A3 dalam satuan Inch, sebagai berikut :

11,69 x 16,54 inch

Ukuran Satuan dalam px (Pixel)

Untuk ukuran satuan dalam pixel, berikut ini adalah konversi ukuran kertas A3 ke dalam pixel atau yang biasa disebut dengan pixel per Inch atau disingkat dengan PPI. Ada juga beberapa orang yang menyebut nya sebagai Dot per Inch atau disingkat dengan DPI, dimana satuan ini menunjukkan tingkat kerapatan pixel dalam 1 inci. Untuk ukuran pixelnya sebagai berikut :

  • 72 DPI/PPI          = 842 x 1191 px
  • 96 DPI/PPI          = 1123 x 1587 px
  • 150 DPI/PPI        = 1754 x 2480 px
  • 300 DPI/PPI        = 3508 x 4960 px

Ukuran kertas seri A pertama kali diklaim menjadi standarisasi ukuran kertas yang resmi di Eropa pada waktu abad ke 20 pertengahan, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dan dipakai hingga saat ini sebagai standar ukuran kertas internasional berdasarkan ISO 216.

Penggunaan Kertas A3

Kertas A3 ini biasanya digunakan di dunia desain grafis atau seni. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan kertas A3, berikut penjelasannya :

Media gambar

Kertas A3 menjadi salah satu size yang tepat untuk dpilih sebagai media menggambar. Seperti yang diketahui, banyak sekali kompetisi serta tugas yang berkaitan dengan menggambar biasanya menggunakan kertas A3 ini sebagai media nya.

Media Cetak

Kertas A3 juga biasa digunakan sebagai media cetak untuk entah itu selebaran, foto, atau yang lainnya dikarenakan memiliki size yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga.

Baca Juga: 10 Aplikasi Survey Penghasil Uang Terbaik dan Terbaru 2021

Akhir Kata

Demikian ulasan terkait mengenai Ukuran Kertas A3. Semoga ulasan yang kami buat ini bisa menjadi manfaat buat kalian-kalian semua ini ya. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa tersenyum ^^

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *